RI Temukan 4 Kasus Omicron BA.4 & BA.5, Ini Detailnya

Tech - Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
10 June 2022 16:20
Direktur Utama RS Sulianti Saroso, Muhammad Syahril (Youtube Kementerian Kesehatan)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Kesehatan menemukan kasus Covid-19 subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 di Indonesia. Kasus tersebut ditemukan pada hari ke-38 setelah Idul Fitri 2022.

Juru Bicara Kemenkes Mohammad Syahril, mengatakan, ada empat kasus subvarian baru Covid-19 yaitu BA.4 dan BA.5. Masing-masing satu orang dan 3 orang.

"Untuk kasus BA.4 ditemukan pada seorang laki-laki WNI ya berusia 27 tahun," ujar Syahril saat konferensi pers Update Perkembangan Covid-19 di Indonesia, Jumat (10/6/2022).


Kondisi klinis satu orang itu, lanjutnya, tidak bergejala dan sudah mendapatkan vaksinasi sebanyak dua kali.

Sedangkan tiga orang lainnya masuk subvarian BA.5 dan semua laki-laki. Mereka merupakan pelaku perjalanan luar negeri atau PPLN. Ketiganya merupakan delegasi pertemuan The Global Platform for Disaster Risk Reduction di Bali dari 23-28 Mei 2022.

Kondisi klinis ketiga orang itu sama, mereka tidak mengalami gejala, hanya saja satu orang bergejala ringan seperti sakit tenggorokan dan badan pegal.

"Mereka rata-rata sudah divaksin dan bahkan ada yang sudah 4 kali di vaksin," ungkapnya.

Pada kasus BA.4, ia diketahui tiba di Bali pada 24 Mei dan dilakukan swab PCR dengan hasil positif. Ia juga tidak ada kontak erat dengan orang lain yang positif, lalu pada 26 Mei spesimen dikirim ke BKPK Jakarta untuk pemeriksaan. Dan pada 9 Juni hasil pemeriksaan dinyatakan positif vairan BA.4

Kemudian untuk kasus BA.5, salah satunya tiba di Bali pada 20 Mei. Dua hari setelahnya ditemukan hasil swab PCR positif. Kemudian dilakukan tracing dan ternyata mengalami kontak erat dengan 8 orang lainnya. Pada 9 Juni hasil pemeriksaan dinyatakan postif varian Covid-19 BA.5.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Mau Mudik Lebaran? Ini Waktu Paling Tepat Vaksin Booster


(roy/roy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading