Daftar Perusahaan Milik 'Manusia Terkaya' di Bumi Elon Musk

Tech - Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
05 June 2022 21:40
Mobil Tesla dimuat ke operator di pabrik mobil listrik Tesla di Fremont, California. (AP/Ben Margot)

Jakarta, CNBC Indonesia - Elon Musk masih bertahta sebagai orang terkaya di dunia saat ini. Ia menduduki posisi pertama dalam daftar miliarder terkaya di dunia tahun 2022 versi Forbes.

Dikutip dari Forbes, Minggu (5/6/2022) total kekayaan Elon Musk sebesar US$ 216,8 miliar atau setara lebih dari Rp 3.129 triliun.

Tak heran, sebab ia memiliki begitu banyak perusahaan yang berkat tangan dingin nya menjadi terus berkembang hingga sekarang. Sebut saja Tesla dan SpaceX.


Elon Musk tiba di acara amal tahunan Met Gala 2022 bertema In America: An Anthology of Fashion di The Metropolitan Museum of Art, New York, Amerika Serikat, Senin (2/5/2022). (REUTERS/Brendan Mcdermid)Foto: Elon Musk tiba di acara amal tahunan Met Gala 2022 bertema In America: An Anthology of Fashion di The Metropolitan Museum of Art, New York, Amerika Serikat, Senin (2/5/2022). (REUTERS/Brendan Mcdermid)

Namun tak hanya dua perusahaan itu saja, Elon Musk tercatat memiliki banyak perusahaan lain. Apa saja? Dirangkum CNBC Indonesia dari Yahoo Finance.

1. SolarCity

Solarcity adalah penyedia sistem tenaga surya terbesar kedua di AS pada tahun 2013. Sepupu Musk, Lyndon dan Peter Rive, telah mendirikan SolarCity pada tahun 2006. Konsep awal dan modal finansial untuk SolarCity itu, dibiayai oleh Musk.

Tesla akhirnya mengakuisisi SolarCity pada 2016 seharga US$ 3,66 miliar, dan menggabungkannya dengan divisi produk penyimpanan energi baterai untuk menciptakan Tesla Energy.

2. The Boring Company

Elon Musk mendirikan The Boring Company, perusahaan konstruksi AS ini pada tahun 2016 untuk membangun terowongan. Proyek Boring Company, utamanya dirancang untuk sistem transit dalam kota untuk mengatasi tantangan lalu lintas, dan memfasilitasi transportasi. Musk menganggap proyek Boring Company adalah solusi terbaik untuk masalah lalu lintas.

Boring Company menyelesaikan terowongan di bawah Las Vegas Convention Center, pada awal 2021. Perluasan lebih lanjut dari sistem terowongan ini telah disetujui oleh pejabat setempat. Perusahaan ini telah mengumpulkan US$ 951 juta pada April 2022, dan sekarang bernilai hampir US$ 5,7 miliar.

3. Neuralink Corporation

Musk juga merupakan salah satu pendiri dan pemilik Neuralink Corporation, sebuah perusahaan neuroteknologi yang mengembangkan antarmuka mesin-otak yang dapat ditanamkan.

Tujuan utamanya adalah untuk membuat implan otak yang akan membuat manusia menjadi sangat cerdas, menyembuhkan cedera otak traumatis, dan membiarkan orang lumpuh berjalan lagi.

Total investasi di perusahaan telah melampaui $511 juta pada tahun 2022.

Dari Kecerdasan Buatan hingga Antariksa
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading