Pluang Beberkan Investasi Aset Kripto dengan Aman, Simak!

Tech - Khoirul Anam, CNBC Indonesia
03 June 2022 16:32
Pluang Foto: Dok Pluang

Jakarta, CNBC Indonesia - Pluang mencatat adanya peningkatan pada perdagangan aset kripto di Indonesia dari tahun ke tahun. Berdasarkan data Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI), nilai transaksi aset kripto di Indonesia bertumbuh dari Rp 64,9 triliun pada 2020 mencapai Rp 859,4 triliun pada 2021 dengan kenaikan pertumbuhan transaksi mencapai 16,2% per bulannya.

Diketahui kenaikan nilai transaksi tak lepas dari meningkatnya jumlah investor aset kripto yang mencapai 12,4 juta investor pada Februari 2022. Adanya pertumbuhan angka investor tersebut mendorong edukasi finansial kepada masyarakat.

Director of External Affairs Pluang, Wilson Andrew mengatakan pertumbuhan laju digitalisasi yang terlihat dalam perdagangan aset kripto seiring dengan perkembangan Web 3.0, metaverse dan NFT, perlu diimbangi dengan edukasi finansial serta jaminan keamanan platform yang mumpuni.

"Sebagaimana yang telah dicanangkan pemerintah, Pluang ingin menekankan prinsip 2L untuk menjadi investor yang cerdas, yaitu memperhatikan aspek Legal di mana perusahaan tersebut telah memiliki izin dari otoritas berwenang dan aspek Logis di mana keuntungan yang ditawarkan masuk akal," kata Wilson dikutip dari keterangan tertulis, Jumat (3/6/2022).

Dia melanjutkan, hal lain yang perlu diperhatikan investor dalam investasi aset kripto, yaitu pemahaman mengenai aset kripto, mekanisme perdagangannya, serta risiko yang mungkin timbul akibat volatilitas pasar. Kemudian memastikan dana yang diinvestasikan bukan dana yang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari dan berinvestasi di jenis aset kripto yang telah ditetapkan oleh BAPPEBTI.

"Pluang berharap dapat terus mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan literasi dan inklusi keuangan, khususnya di kalangan anak muda Indonesia, melihat semakin bertumbuhnya minat dan tren berinvestasi saat ini," kata dia.

Di sisi lain, untuk jaminan keamanan platform jual beli aset kripto, Pluang telah bekerja sama dengan PT Bumi Santosa Cemerlang (BSC), PT Aset Digital Berkat (Tokocrypto), dan PT Zipmex Exchange Indonesia (Zipmex). Di mana mitra-mitra tersebut telah mendapatkan kepercayaan dari BAPPEBTI untuk melaksanakan kegiatan sebagai Calon Pedagang Fisik Aset Kripto.

"Para pengguna Pluang masih dan akan terus bisa berinvestasi aset kripto dengan aman, praktis, dan terjangkau. Investasi aset kripto di Pluang bisa dilakukan mulai dari Rp 5.000 dan hanya dengan tiga kali klik saja di aplikasi," kata Wilson.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Top Up Investasi di Pluang Makin Mudah Lewat ShopeePay


(rah/rah)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading