Top! Vietnam Bikin Vaksin Flu Babi Afrika Pertama di Dunia

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
01 June 2022 21:10
Infografis: Belum Kelar Corona, Ada Flu Babi Tewaskan 56 Orang di Taiwan Foto: Ilustrasi Flu Babi (CNBC Indonesia/Arie Pratama)

Jakarta, CNBC Indonesia - Vaksin Flu Babi pertama di dunia telah berhasil dikembangkan di Vietnam. Negara itu mengembangkan vaksin sejak November 2019 bersama dengan para ahli Amerika Serikat (AS).

"Ini merupakan tonggak sejarah untuk industri veteriner," kata Wakil Menteri Pertanian Vietnam Phung Duc Tien seperti dikutip dari Reuters, Rabu (1/6/2022).

"Dengan kekebalan yang bertahan selama enam bulan, vaksin akan menjadi perisai untuk industri peternakan babi dan produksi babi secara global."


Vaksin itu telah melewati lima uji klinis. Layanan Penelitian Pertanian di bawah Departemen Pertanian AS juga telah mengonfirmasi keamanan serta kemanjuran vaksin.

Pengembangan vaksin bertujuan menjadikan Vietnam sebagai negara pertama yang memproduksi dan mengekspor secara komersial.

"Keberhasilan ini membuka harapan besar dan ruang untuk mengekspor vaksin flu babi Afrika yang diproduksi di Vietnam sangat besar," ungkapnya.

Flu Babi tidak berbahaya bagi manusia. Namun penyakit itu membuat banyak hewan babi harus mati dalam beberapa tahun terakhir.

Berasal dari Afrika, Flu Babi akhirnya menyebar ke Eropa dan Asia. Penyakit tersebut membunuh ratusan juta babi di seluruh dunia.

Di Vietnam sendiri, penyakit itu jadi salah satu yang mematikan. Terdeteksi pertama kali pada Februari 2019, Flu Babi memaksa negara memusnahkan 20% kawanan babi pada tahun lalu.

Flu Babi memang sudah mereda di Vietnam dan memungkinkan para peternak untuk membangun lagi ternak babi. Namun virus itu masih menyerang peternakan di beberapa negara.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

PeduliLindungi Bisa Bongkar Perselingkuhan, Cek Bagian Ini!


(npb/npb)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading