Fitur Lawas Android Bakal Muncul di iPhone 14 Pro, Apa Itu?

Tech - Teti Purwanti, CNBC Indonesia
01 June 2022 13:30
Iphone SE 2022 vs Iphone SE 2020 (Ist)

Jakarta, CNBC Indonesia - Isu soal kapan dan bagaimana fitur iPhone sudah banyak beredar. Info yang beredar, iPhone sepertinya akan segera kedatangan fitur baru yang sebelumnya telah ada di ponsel-ponsel Android. Kabar terbaru menyebutkan bahwa Apple akan menghadirkan fitur always-on display (AOD) di iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

Menurut laporan analis Bloomberg Mark Gurman, Apple akan mengenalkan peningkatan untuk Lock Screen di iOS 16. Peningkatan ini akan menjadi basis untuk fitur masa depan, termasuk mode always-on, seperti dikutip dari The Verge, Selasa (31/5/2022).

Gurman mengatakan cara kerja mode always-on di iPhone akan sama seperti Apple Watch Series 5 dan versi terbarunya. iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max bisa menurunkan refresh rate layar saat mode always-on diaktifkan, sehingga layar tetap bisa menyala tapi tetap menghemat baterai.


Untuk bisa menghadirkan fitur always-on, iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max akan dibekali dengan teknologi LTPO yang bisa menurunkan refresh rate ke level yang sangat rendah. Belum diketahui apakah iPhone akan menggunakan teknologi LTPO yang sama seperti Apple Watch.

Kehadiran fitur always-on display di iPhone sebenarnya sudah dirumorkan sejak lama tapi belum juga terwujud. Pada tahun 2020, analis memprediksi iPhone 13 akan meluncur dengan teknologi LTPO yang memungkinkan layar always-on.

Padahal fitur ini sudah menjadi salah satu fitur wajib di ponsel Android flagship. Biasanya di perangkat Android, always-on display bisa menampilkan informasi seperti jam, baterai, widget, notifikasi, dan lain-lain tanpa perlu membuka kunci layar.

Gurman memperkirakan iOS 16 akan membawa always-on display dengan fungsi yang sama, termasuk wallpaper dengan kemampuan ala widget. Karena membutuhkan teknologi dan spesifikasi khusus, always-on display akan jadi fitur eksklusif untuk iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

Seperti diketahui, iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max jadi iPhone pertama yang hadir dengan layar 120Hz ProMotion berkat adopsi teknologi LTPO yang memungkinkan variable refresh rate. Saat ini, refresh rate di layar iPhone dengan fitur 120Hz ProMotion bisa bervariasi antara 10Hz dan 120Hz.

Di sisi lain, panel LTPO yang digunakan oleh vendor ponsel Android seperti Samsung dan Oppo bisa diturunkan hingga 1Hz saat digunakan untuk melihat gambar yang diam atau saat perangkat sedang dikunci.

Apple akan mengenalkan iOS 16 pada gelaran Worldwide Developers Conference pada 6 Juni mendatang. Mengingat event ini akan digelar seminggu lagi, kita tidak perlu menunggu lama untuk mendengarkan update tentang sistem operasi terbaru untuk perangkat-perangkat Apple.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Bun, Ini Cara Cek Foto & Video Tersembunyi di Galeri HP Suami


(RCI/dhf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading