BLT Rp 1 Juta dari Jokowi Mau Cair, Ada Nama Anda di Daftar?

Tech - Tim, CNBC Indonesia
24 May 2022 10:45
Warga pengantri Bantuan Langsung Tunai (BLT) atau disebut juga Bantuan Presiden Produktif kepada UMKM yang terdampak Covid-19 di kantor Cabang Unit Parung, Bogor, Jawa Barat, Selasa 1/12. Bantuan yang dikelola melalui Kementerian Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Kemenkop dan UKM) senilai Rp 2,4 juta ini disalurkan melalui Bank Rakyat Indonesia (BRI). Pemerintah juga telah menambah target penerima BLT UMKM dari 9 juta usaha menjadi 12 juta. Sejak pagi, sejumlah masyarakat yang merupakan pedagang, pelaku umkm, termasuk ojek online, memadati halaman Kantor Cabang BRI. (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) akan segera mencairkan bantuan subsidi upah (BSU) atau Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebesar Rp 1 juta kepada para pekerja yang berpenghasilan di bawah Rp 3,5 juta per bulan.

Bantuan subsidi upah (BSU) ini akan diberikan pada 8,8 juta pekerja yang jadi peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan. Alokasi anggaran yang disiapkan pemerintah mencapai Rp 8,8 triliun.

Kementerian Ketenagakerjaan sendiri saat ini masih mengatur secara spesifik penyaluran bantuan tersebut, mulai dari regulasi, hingga kriteria penerima bantuan. Namun, belum jelas kapan waktu pencairan bantuan.


"Segera kami info jika semua sudah waktunya," kata Kepala Biro Humas Kementerian Ketenagakerjaan Chairul Fadly Harahap beberapa waktu lalu, seperti dikutip Selasa (24/5/2022).

Cara Cek Penerima BLT Subsidi Gaji Rp 1 Juta

Bagi kamu yang ingin mengetahui apakah terdaftar sebagai penerima BSU atau BLT subsidi gaji bisa melakukan pengecekan dengan cara berikut ini:

1. Kunjungi laman bpjsketenagakerjaan.go.id

2. Pilih menu "Cek Status Calon Penerima BSU" kemudian Anda akan masuk ke halaman cek penerima BSU.

3. Masukkan data sesuai kolom yang tersedia meliputi:

-NIK
-Nama lengkap
-Tanggal lahir

4. Setelah mengisi data diri, klik gapcha "i'm not a robot' kemudian klik lanjutkan

5. Akan terlihat di akun tersebut jika Kamu penerima bantuan subsidi gaji.

Jika belum memiliki akun, maka Kamu wajib mendaftar dan melengkapi data diri mulai dari Nomor Induk Kependudukan (NIK), nama lengkap, dan nama ibu kandung.

Kamu kemudian bisa melakukan aktivasi akun dengan menggunakan kode OTP yang akan dikirim ke nomor handhphone. Setelah itu, bisa login ke akun tersebut, dan kembali melengkapi biodata diri seperti profil, tentang Anda, status pernikahan, dan tipe lokasi.

Langkah terakhir adalah cek pemberitahuan. Jika Kamu terdaftar sebagai penerima, maka akan mendapatkan centang hijau notifikasi sebagai bukti kamu penerima BLT subsidi gaji.

Namun jika tidak terdaftar, akan muncul notifikasi tidak terdaftar. Apabila Anda merasa memenuhi kriteria persyaratan dan tidak terdaftar, Anda bisa menghubungi 175 atau WhatsApp ke nomor +62 813 800 70175.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Features
    spinner loading