Rentetan Startup yang Dibeking Northstar, Investor Awal Gojek

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
20 May 2022 18:10
Kolase/Northstar Group/Aristya Rahadian

Jakarta, CNBC Indonesia - Northstar punya segudang startup di beberapa negara Asia Tenggara termasuk Indonesia. Paling populer, perusahaan private equity (PE) itu menjadi salah satu investor awal Gojek.

Perusahaan tersebut didirikan oleh dua warga negara Indonesia Patrick Walujo dan Glenn Sugita. Sebelum mendirikan Northstar, Patrick merupakan Senior Vice President di Pacific Century Ltd Tokyo dan Glenn adalah Senior Vice President di PricewaterhouseCoopers Indonesia (PWC).

Sebagai PE, Northstar menggalang dana dari investor strategis seperti Sovereign Wealth Fund (SWF) hingga investor individu dengan kekayaan fantastis (high net worth individual) untuk disalurkan ke beraam instrumen investasi termasuk akuisisi perusahaan.


CNBC Indonesia mencatat total pendanaan yang diperoleh Northstar grup sejak didirikan mencapai US$2,62 miliar atau Rp 37,92 triliun.

Bukan hanya Gojek, Northstar diketahui juga berinvestasi di beberapa perusahaan rintisan di berbagai bidang. Dari layanan keuangan, hiburan hingga e-grocery.

Berikut daftarnya dirangkum CNBC Indonesia, Jumat (20/5/2022):

1. eFishery
eFishery merupakan perusahaan aqua-tech yang menggunakan teknologi pada bisnis budi daya ikan dan udang di Asia Tenggara. Startup ini didirikan oleh Gibran Huzaifah pada 2013 lalu.

Northstar bergabung bersama investor lain dalam pendanaan seri C e-Fishery. Startup tersebut mendapatkan dana US$90 juta atau sekitar Rp 1,29 triliun.

Startup Pendidikan hingga e-Grocery
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading