Apple Berencana Ganti Colokan dari Lightning USB-C

Tech - Redaksi, CNBC Indonesia
17 May 2022 13:25
USB-C (Pexels)

Jakarta, CNBC Indonesia - Apple dikabarkan berencana meninggalkan porta Lightning, "colokan" yang selama ini menjadi ciri khas perangkat elektronik buatan mereka. Sebagai gantinya, produsen iPhone itu akan menggunakan kabel berujung USB-C.

Menurut Ming-Chi Kuo, analis yang kerap membocorkan kabar tentang Apple, perusahaan yang didirikan oleh Steve Jobs itu sedang mengembangkan beberapa jenis aksesori seperti AirPod, mouse, dan kibor yang dicas menggunakan USB-C.

Sebelumnya, lewat Twitter, Kuo menyatakan Apple sedang mendesain ulang iPhone untuk mengakomodasi porta USB-C pada semester II/2023. Kabar ini, menurut Engadget, kemudian dikonfirmasi oleh Bloomberg.


Kuo tidak menyebutkan target waktu transisi aksesori Apple dari Lightning ke USB-C. Menurut laporan Bloomberg pada Jumat, Apple paling awan baru akan merilis i-Phone dengan porta USB-C pada tahun depan.

Alasan Apple pindah dari Lighning ke USB-C, menurut Engadget, terkait dengan perubahan regulasi dan bukan sebatas pengalaman pengguna terutama di pasar Uni Eropa.

Dengan alasan mengurangi limbah elektronik, Uni Eropa mendorong penggunaan porta pengisi daya yang universal. Bulan lalu, bahkan, negara-negara Benua Biru selangkah lebih dekat dalam mewajibkan penggunaan USB-C untuk perangkat elektronik berukuran kecil dan medium.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Apple Dikabarkan Hapus Notch iPhone, Dibantu Samsung?


(dem/dem)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading