Telkom dan Biofarma Patungan Cari Startup Bioteknologi

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
13 May 2022 11:55
Presiden Joko Widodo tiba di PT Bio Farma (Persero) Bandung untuk meninjau fasilitas produksi dan pengemasan Vaksin COVID-19, Selasa 11 Agustus 2020 pukul 09.45 WIB. (Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Telkom melalui perusahaan modal ventura, MDI Ventures bersama Bio Farma bekerja sama mendirikan Bio-Health Fund. Dana kelolaan ini mencari startup yang berfokus di bidang sektor biotech dan layanan kesehatan, serta memberikan pendanaan tahap awal dan tahap pengembangan.

Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir mengatakan pembentukan Bio-Health Fund ini menambah portofolio perusahaannya. Sebelumnya Bio Farma dikenal dari vaksin dan serum, serta memproduksi kit diagnostik mBio-CoV dan Biosaliva.

Selain itu Honesti menambahkan pada tahapan awal Bio Farma akan menyiapkan dana US$20 juta bagi startup yang potensial di bidang bioteknologi dan kesehatan.


"Dengan adanya Bio-Health Fund ini, akan meningkatkan kapabilitas Bio Farma, dalam hal inovasi produk-produk life science, dan produk healthtech," jelas Honesti dalam keterangannya, dikutip Jumat (13/5/2022).

Direktur Strategic Portfolio Telkom Group Budi Setyawan Wijaya mengatakan dengan kerja sama MDI Ventures dan Bio Farma dapat berkontribusi pada sektor biotech dan layanan kesehatan. Dengan begitu bisa memberikan produk yang efisien dan bermanfaat untuk masyarakat.

Sementara itu, COO & Risk Management MDI Ventures Sandhy Widyasthana mengatakan dalam beberapa tahun terakhir MDI juga telah berinvestasi ke sektor layanan kesehatan dan sejumlah investasi biotech dengan bantuan dan saran Bio Farma.

Menurutnya, biotech punya potensi dalam meningkatkan dan mengubah pertanian dan manufaktur di Indonesia. Selain juga dilakukan pada sektor kesehatan.

"Kami telah melihat bahwa biotek merupakan the next frontier di teknologi yang sudah matang untuk ekspansi lebih cepat. Kami melihat Bio Farma sebagai mitra investor penting bagi kami, dengan dukungan keahlian teknologi yang dibutuhkan pada bidang ini," kata Sandhy. "Biotek sendiri memiliki potensi untuk meningkatkan dan mengubah bukan hanya sektor kesehatan, tetapi juga ranah pertanian dan manufaktur di Indonesia. Dan kami sangat antusisas untuk memulai perjalanan kami bersama Bio Farma."


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

MDI Ventures, Rengkuh Startup Dunia Sejak Dini


(npb)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading