Siapa Lebih Cocok Beli Twitter, Elon Musk atau Jeff Bezos?

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
13 May 2022 11:05
Elon Musk's Twitter profile is seen on a smartphone placed on printed Twitter logos in this picture illustration taken April 28, 2022. REUTERS/Dado Ruvic/Illustration

Jakarta, CNBC Indonesia - Elon Musk diketahui membeli Twitter senilai US$44 miliar. Pembelian ini bakal menambah panjang perusahaan yang dimiliki miliarder 50 tahun itu, selain SpaceX dan Tesla.

Lalu apakah Elon Musk pas sebagai pemilik Twitter? Bagaimana dengan miliarder lain Jeff Bezos?

Jeff Bezos dan Elon Musk diketahui masuk dalam daftar orang kaya dunia. Keduanya juga kerap melontarkan kritikan satu sama lain dan bersaing dengan perusahaan yang dimiliki.


Ini kali pertama Elon Musk terjun di sektor media, terlebih media sosial. Pengalaman yang minim itu mungkin bisa jadi masalah pada awal pengambilalihan Twitter, dengan sejumlah misi yang dimilikinya.

Belum diketahui dengan pasti akan seperti apa Twitter dibawah kepemilikan Elon Musk. Namun jika soal aset data yang dipunyai Twitter, nampaknya lebih baik jika Jeff Bezos membeli Twitter berguna untuk bisnis lainnya seperti e-commerce Amazon.

Pembelian Elon Musk ini bahkan dikaitkan dengan China. Ini diungkapkan oleh Jeff Bezos tak lama setelah pengumuman rencana akuisisi Twitter oleh Elon Musk.

Dia khawatir akan masuknya pengaruh China pada Twitter. Jeff Bezos menghubungkannya dengan bisnis Tesla di China dan mungkin akan memberikan pengaruh pada pemerintah setempat kepada Twitter.

"Pertanyaan yang menarik. Apakah pemerintah China baru saja mendapatkan sedikit pengaruh atas townhall?" cuit Bezos. Istilah townhall atau alun-alun sendiri mengacu dari ucapan Elon Musk yang menyatakan Twitter seharusnya menjadi townhall milik publik.

Namun tak lama setelah mengunggah pernyataan itu, Jeff Bezos mengklarifikasi pendapatannya. Dia mengatakan tekanan China tidak mungkin menghasilkan sensor.

"Jawaban saya sendiri untuk pertanyaan ini mungkin tidak. Hasil yang lebih mungkin dalam hal ini adalah kompleksitas di China untuk Tesla, daripada sensor di Twitter. Tapi kita akan lihat. Elon Musk sangat pandai menavigasi kompleksitas semacam ini," jelas Bezos.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Wah! Elon Musk, Mark Zuckerberg & Jeff Bezos 'Rugi' Rp 765 T


(npb)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading