Perhatian! Whatsapp Kamu Bisa Dihapus Jika Kirim Konten Ini

Tech - Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
13 May 2022 08:05
Ilustrasi WhatsApp  (AP/Patrick Sison)

Jakarta, CNBC Indonesia - Setiap media sosial pasti memiliki fitur untuk konten apa saja yang ada di dalam platformnya, termasuk aplikasi pesan instan WhatsApp.

Hal ini demi mengatur apa saja yang boleh dan tidak boleh diunggah demi menjaga keamanan penggunanya.

Meski memiliki enkripsi end-to-end, yang artinya pihak Whatsapp tidak akan mengetahui apa isi chat pengguna, nyatanya Whatsapp bisa memblokir akun seseorang jika mengirimkan konten yang dilarang oleh Whatsapp, yakni konten hak cipta.


Konten yang terkait hak cipta, menurut kebijakan WhatsApp, membuat pengguna tidak dapat mengirim film atau lagu dalam format file ke orang lain.

Jika pihak Whatsapp mendeteksi larangan ini, akun Anda bisa ditutup atau diblokir sementara hingga permanen.

Tidak hanya konten hak cipta, menggunakan kosa kata rasis atau pelecehan juga merupakan sebuah pelanggaran di Whatsapp. Pengguna dilarang untuk menggunakan hinaan tersebut saat sedang chat dengan orang lain.

Tak hanya itu, seorang pengguna juga dapat melaporkan akun Anda jika berbuat demikian. Dengan begitu, WhatsApp mendeteksi bahwa Anda telah menyinggung secara rasial, telah mengirim konten terlarang atau telah menggunakan gambar yang tidak menyenangkan.

Penutupan akun tersebut tidak dapat dibatalkan. Artinya, akun WhatsApp Anda akan tetap ditutup selamanya dan harus mengubah nomor agar dapat menggunakan layanan Whatsapp lagi.


[Gambas:Video CNBC]

(dem/dem)
Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Baca Juga
Features
    spinner loading