Duh! Bos Kripto Tambah Miskin, Ratusan Triliun Rupiah Hilang

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
12 May 2022 12:10
Changpeng Zhao, CEO dan Pendiri bursa kripto Binance (REUTERS/Darrin Zammit Lupi)

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga kripto yang amblas berdampak pada kekayaan sejumlah kekayaan bos di sektor kripto. Salah satunya pendiri Coinbase, Brian Armstrong. Bloomberg Billionaires Index menyebut kekayaannya saat ini hanya bersisa US$2,2 miliar (Rp 32 triliun) atau berkurang US$11,4 miliar (Rp 167 triliun) sejak November lalu.

Dilaporkan pada akhir Maret kekayaannya US$8 miliar (Rp116,6 triliun), yang ternyata juga menurun US$13,7 miliar (Rp 199,7 triliun) pada November lalu. Ini terjadi tak lama setelah aksi jual mata uang digital dari Bitcoin ke Ether yang memicu penurunan tajam dalam nilai pasar Coinbase, dikutip dari Fortune, Kamis (12/5/2022).

Brian Amstrong. IstFoto: CEO Coinbase, Brian Amstrong. (Ist)

Saham perusahaan anjlok 84% dan ditutup di level US$53,72 (Rp 783 ribu) pada hari Rabu kemarin. Setelah Coinbase memperingatkan volume perdagangan dan pengguna transaksi bulanan diperkirakan lebih rendah pada kuartal kedua.


Kejadian ini menimbulkan pertanyaan soal kemampuan Coinbase menahan penurunan tajam harga kripto. Akhirnya Armstrong buka suara soal hal ini di akun Twitternya, dan meyakinkan tidak ada risiko kebangkrutan perusahaan serta dana pengguna aman.

Bukan hanya Armstrong yang kehilangan kekayaannya setelah nilai kripto amblas. CEO Galaxy Digital, Michael Novograts juga bernasib sama di mana kekayaannya anjlok US$2,5 miliar (Rp 36,4 triliun) dari US$8,5 miliar (Rp 123,9 triliun) pada awal November.

"Saya mungkin satu-satunya pria di dunia yang memiliki tato Bitcoin dan tato Luna," kata dia pada konferensi Bitcoin 2022 di Miami 6 April lalu.

Ada juga CEO Binance, Changpeng Zhao. Bloomberg menyatakan kekayaannya US$96 miliar (Rp 1.399 triliun) pada Januari lalu, tetapi turun drastis menjadi US$11,6 miliar (Rp 169,1 triliun) pada Rabu kemarin.

Pendiri bursa kripto Gemini, Tyler dan Cameron Winklevoss juga kehilangan sekitar US$2,2 miliar (Rp 32 triliun) atau 40% kekayaan keduanya tahun ini. Bahkan kekayaan CEO FTX, Sam Bankman-Fried turun setengahnya menjadi US$11,3 miliar (Rp 164,7 triliun) sejak akhir Maret lalu.

Bahkan pendiri Coinbase lainnya, Fred Ehrsam juga mengalami hal serupa. Kekayaannya turun lebih dari 60% tahun ini, dan hanya memiliki US$1,1 miliar (Rp 16 triliun).


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Mantan Bos Twitter Buka Bisnis Penambangan Bitcoin


(npb)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading