Cerita Pengalaman Beli Mobkas Online di Marketplace

Tech - Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
11 May 2022 17:20
Calon pembeli melihat mobil bekas yang di jual di Showroom Ngawi Jaya Motor, Pamulang, Tangerang Selatan, Kamis (7/4/2022). (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Ada banyak marketplace yang kini menyediakan layanan untuk jual beli mobil bekas, termasuk OLX Autos. Pengalaman membeli di platform ini pun dirasakan sendiri oleh Mirza Mahardika (27).

Ia baru saja membeli mobil Grand Livina 2015 melalui OLX Autos, tepatnya pada April lalu. Mirza pun membagikan pengalaman pertamanya membeli mobil bekas melalui online kepada CNBC Indonesia.

Sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli via OLX Autos, Mirza mengaku sempat mendatangi showroom untuk melihat unit mobil yang dijual. Namun, hingga 3 showroom telah didatangi, ia merasa masih belum puas dan merasa pilihan yang diberikan kurang.


"Akhirnya saya coba cek di OLX, setelah cek coba cari-cari karena market-nya cukup besar ya jadinya lebih banyak pilihan dan lebih gampang untuk memilih seperti berapa bujet kita," kata Mirza saat dihubungi melalui telepon, Rabu (11/5/2022).

Menurut Mirza, yang akhirnya membuat ia yakin untuk membeli di OLX Autos karena jaminan yang ditawarkan yakni mobil yang dijual bebas tabrak dan bebas banjir.

Untuk proses pembelian mobkas, pertama, Mirza menghubungi sales OLX untuk bisa melihat unit yang diinginkan. Lalu di awal ia hanya melakukan untuk cek bodi dan test drive saja. Setelah itu, baru dilakukan general check up. Namun sebelum masuk ke tahap tersebut, ia diminta untuk memberi uang sebagai tanda jadi.

"Jadi untuk tanda jadi bahwa kita untuk bakal beli di OLX Autos gitu," ungkapnya.

Setelah hasil general check up keluar, kalau misalnya ada kekurangan harus ganti ini dan itu, di situlah dilakukan negosiasi harga. Setelah itu baru kemudian masuk ke proses pengajuan kredit.

"Proses kreditnya baru diajukan, kurang lebih 5-7 hari ya setelah itu baru bisa untuk pengambilan unit." tuturnya.


[Gambas:Video CNBC]

(Intan Rakhmayanti Dewi/dem)
Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Features
    spinner loading