Catat! Ini Dia 8 Tempat Terlarang untuk Pakai Smartphone

Tech - Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
02 May 2022 15:40
Close-up of hipster man hands using his smartphone outdoor in the park.

Jakarta, CNBC Indonesia - Smartphone menjadi benda yang paling tak terpisahkan dengan kehidupan kita sehari-hari. Berbagai kemudahan bisa didapatkan hanya dalam satu kali klik saja. Bisa dimanfaatkan untuk bekerja, memesan makanan, order transportasi online hingga transaksi perbankan.

Namun sayang, hidup kita seolah bergantung pada smartphone, sehingga sering lupa waktu atau tempat ketika menggunakannya. Padahal ada beberapa tempat terlarang untuk pakai smartphone.

Berikut 8 tempat terlarang yang tidak dianjurkan untuk menggunakan smartphone, dirangkum CNBC Indonesia dari berbagai sumber, Senin (2/5/2022)


1. Rumah Sakit

Tanda "Dilarang Menggunakan Smartphone" yang Anda lihat di ruang tunggu ada karena suatu alasan, yakni energi frekuensi radio dari ponsel masih dapat mengganggu alat pacu jantung dan defibrillator. Hal tersebut menjadi salah satu alasan teknisnya, tapi menahan diri untuk tidak berbicara di smartphone Anda di ruang tunggu juga terkait sopan santun.

2. Kereta

Bus atau kereta api bukanlah tempat untuk menelepon, apalagi dengan suara yang kencang. Namun, transportasi umum adalah satu tempat yang hanya boleh mengirim pesan teks dan menjelajahi Web di smartphone.

3. Ruang Ganti

Sebagian besar pusat kebugaran memiliki aturan yang jelas melarang ponsel dari ruang ganti, tetapi jarang ditegakkan. Sebagian besar ponsel sekarang memiliki kamera, dan aturan ini berlaku untuk perlindungan privasi sesama pengguna gym.

4. Mobil

Bermain smartphone ketika mengemudi sebenarnya dilarang tetapi banyak pihak yang melanggar aturan tersebut. Pengguna smartphone bisa berakibat fatal berupa kecelakaan.

5. Tempat Tidur

Tidak ada yang akan melarang atau menghentikan Anda dari menggunakan ponsel Anda sebelum tertidur di malam hari, tapi itu adalah kebiasaan yang harus Anda hentikan demi kesehatan.

Pakar tidur mengatakan cahaya dari layar menekan melatonin yang memberi tahu otak sudah waktunya untuk tidur. Selain itu, banyak orang tidak menggunakan mode senyap pada ponsel di malam hari. Akibatnya, 10 persen melaporkan bangun beberapa kali setip minggu karena email dan notifikasi yang masuk .

6. Kamar Kecil

Dalam survei terhadap 1.000 pengguna ponsel, tiga perempatnya mengaku menggunakan perangkat mereka saat di toilet. Dengan angka seperti itu, masuk akal jika 16 persen dari semua ponsel memiliki kotoran mikroskopis di permukaannya. Kuman-kuman tersebut dapat menyebabkan penyakit yang mudah menular ke teman dan keluarga.

7. Bioskop

Setiap film akan dimulai, pasti akan ada pengingat komersial untuk menggunakan mode senyap pada smartphone. Tetapi jangan lupakan aturan ini juga ditujukan untuk yang lain. Seperti, jangan hanya menekan "abaikan" saat telepon berdering, tapi juga mengirim pesan teks tidak boleh karena layar LED itu juga bisa sangat mengganggu.

8. Pom Bensin

Sudah menjadi hal umum bahwa kita tidak diperbolehkan menggunakan smartphone di pom bensin. Menurut Asosiasi Perlindungan Kebakaran AS, smartphone menyebabkan listrik statis. Aturan mereka juga menyatakan bahwa Anda tidak diperbolehkan menggunakan bahan elektronik di pom bensin, dan ponsel termasuk dalam kategori itu. NFPA menyarankan agar Anda selalu mengikuti semua aturan yang dipasang di pom bensin.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ahli Israel Ini Prediksi Cuma Perlu 1X Booster Vaksin Covid


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading