Kominfo: Mudik Jangan Sebar Hoaks Supaya Internet Lancar

Tech - Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
28 April 2022 18:25
Foto udara menunjukkan kemacetan kendaraan di km 71- km 72 Tol Cikampek, Kebupaten Purwakarta, Jawa Barat, Kamis (28/4/2022). (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengimbau kepada para pemudik agar tidak menggunakan jaringan internet untuk hal-hal tidak bermanfaat, seperti menyebar hoaks.

Sebab pada saat-saat tersebut, trafik layanan telekomunikasi sedang tinggi-tingginya. Untuk itu ia mengajak masyarakat menggunakan jaringan telekomunikasi dengan efisien.

"Sarana telekomunikasi ini kita gunakan dengan baik, kita gunakan secara efisien, jangan sampai dipakai untuk hal-hal yg tidak perlu,"ujar Johnny saat ditemui usai pelepasan mudik bersama di Kantor Kementerian Kominfo, Kamis (28/4/2022).


"Misalnya digunakan untuk hoaks, menyebarkan berita yang tidak berguna yang menganggu trafik, menganggu kualitas layanan," imbuhnya.

Besok, Jumat (29/4) Kominfo dan pihak operator seluler akan melakukan tinjauan lapangan terkait dengan layanan telekomunikasi, baik untuk mudik atau saat lebaran.

Sebab dalam masa mudik dan Lebaran trafik layanan telekomunikasi akan melonjak. Dan dalam kordinasi dengan penyelenggara telekomunikasi, Johnny mengaku sudah mempersiapkan bandwidth yang cukup sehingga nanti tidak sampai kekurangan.

"Karena ada satu kebiasaan baru saat ini dalam perjalanan mudik yang macet ini pasti trafik datanya sangat besar." pungkasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Daftar Aplikasi Peta & Pantau Jalur Mudik 2022, Hindari Macet


(Intan Rakhmayanti Dewi/dem)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading