Sulit Cari Masjid Terdekat Saat Mudik? Coba Aplikasi Ini

Tech - Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
28 April 2022 16:30
Warga beribadah di masjid Jamie Darussalam, di Jalan Kotabumi Ujung No.23, Kebon Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa, (5/4/2022). (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Perjalanan mudik Lebaran 2022 telah dimulai. Beberapa pemudik memilih untuk menggunakan jalur darat dengan kendaraan pribadi.

Namun dalam perjalanan, ada kalanya kita kesusahan mencari musala atau masjid terdekat. Padahal masjid selalu menjadi pencarian utama untuk menunaikan ibadah salat bagi para umat muslim.

Tak perlu khawatir karena di zaman digital seperti sekarang semua bisa dimudahkan dengan aplikasi. Berikut ini daftar aplikasi yang bisa membantu kamu mencari masjid terdekat.


1. Google Maps

Fungsi Google Maps tidak hanya sekedar untuk peta digital saja. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi Google Maps untuk mengarahkan ke masjid terdekat dari lokasi saat ini.

Untuk mencari lokasi masjid terdekat melalui Google Maps caranya cukup mudah.
Langkah pertama tentu download aplikasi Google Maps di ponsel. Buka aplikasi dan ketik kata Masjid atau Musala di kolom pencarian yang bertuliskan Search here.

Setelah itu, klik Search, dan kemudian akan ada tampilan peta yang sudah ditandai dengan ikon masjid atau musala terdekat, dilengkapi dengan namanya, jarak, gambar dan ulasan.

Silahkan pilih masjid terdekat dari lokasi yang akan kamu kunjung. Klik tampilan masjid terdekat yang sudah dipilih.

Lalu klik tombol Direction, jika jaraknya dekat, rute navigasi yang ditampilkan akan otomatis diatur ke rute pejalan kaki. Kamu bisa mengatur rute perjalanan dengan kendaraan lainnya seperti mobil pribadi, motor atau transportasi umum. Klik Start untuk menampilkan maps menuju lokasi masjid terdekat.

2. Islamic GPS

Aplikasi ini berbeda dengan aplikasi pencari masjid yang ada. Hal ini karena Islamic Masjid hadir dengan teknologi Augmented Reality (AR).

Saat CNBC Indonesia menjajalnya, caranya cukup mudah. Pertama download aplikasi di PlayStore. Jika sudah, pada layar depan aplikasi terdapat banyak pilihan menu, salah satunya Mosque/Landmarks, klik menu tersebut. Kemudian kamu akan dihadapkan pada layar AR yang bisa digerakkan ke berbagai arah untuk mencari masjid terdekat.

Penggunanya bisa menggunakan kamera dan mengarahkannya ke lokasi masjid untuk memperoleh informasi lebih terkait tempat tersebut.

Jika sudah menemukan masjid yang diinginkan, tinggal klik ikon pin, lalu akan muncul detail lengkap lokasi masjid, seperti nama dan alamat serta peta untuk menuju lokasi.

Selain bisa dipakai untuk mencari masjid, Islamic GPS juga bisa dipakai untuk menunjukkan arah kiblat, donasi atau zakat, dan menunjukkan rute menuju lokasi tempat-tempat bersejarah Islam.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Kominfo: Mudik Jangan Sebar Hoaks Supaya Internet Lancar


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading