Ala Film Armageddon, China Siap Lindungi Bumi dari Asteroid

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
26 April 2022 17:10
Asteroid Psyhe 16. (Photo : Photo Courtesy of NASA/Newsmakers)

Jakarta, CNBC Indonesia - China sedang membangun sistem pemantauan dan pertahanan luar angkasa. Ini dilakukan untuk menghadapi asteroid yang berpotensi mengancam Bumi.

Proyek itu akan melakukan percobaan teknis awal 2025 mendatang pada asteroid yang mengancam. Caranya dengan melacak dan menghantamnya dengan wahana antariksa saat mendekati Bumi hingga orbitnya berubah.

Sistem pertahanan asteroid China, menurut para ahli, jadi tambahan penting untuk mengatas ancaman asteroid pada Bumi. Selain itu juga untuk membangun komunitas bersama untuk umat manusia pada masa depan, dikutip dari Global Times, Selasa (26/4/2022).


Wakil Kepala Badan Antariksa Nasional China (CNSA) Wu Yanhua mengatakan pihaknya akan terus membangun sistem pemantauan dan pertahanan asteroid dekat Bumi. Tujuannya menghadapi ancaman dampak asteroid untuk pesawat antariksa dan memiliki kontribusi dalam melindungi keselamatan manusia dan Bumi.

Sistem itu berbasis di darat dan luar angkasa. Akan ada katalog dan menganalisis asteroid yang menimbulkan ancaman untuk aktivitas antariksa manusia.

Berikutnya teknologi dan engineering relevan akan dikembangkan untuk menghilangkan ancaman itu.

CNSA, Wu Yanhua menjelaskan, sedang mengembangkan software simulasi yakni untuk menghitung kemungkinan adanya dampak pada asteroid di dekat Bumi.

Mereka juga akan mengatur latihan pada proses pertahanan, untuk mengatasi ancaman dan memikul tanggung jawab menjaga Bumi dengan negara lain.

Amerika Serikat (AS) dan Rusia diketahui juga tengah membangun sistem pemantauan asteroid. Ahli militer dan pengamat antariksa, Song Zhongping mengatakan sistem pertahanan dari China bisa jadi suplemen penting untuk mengatasi ancaman asteroid.

"Ini merupakan solusi praktis lain yang diusulkan China dalam membangun komunitas dengan masa depan bersama bagi umat manusia dan tugas untuk kekuatan luar angkasa utama dalam melindungi umat manusia dari kemungkinan bencana yang bisa mengakhiri peradaban manusia," jelasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Siap-siap, Asteroid Selebar 1 Km Dekati Bumi Minggu Depan


(npb)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading