Perkenalkan INDICO, Begini Kontribusinya Bagi Telkomsel

Tech - Khoirul Anam, CNBC Indonesia
07 April 2022 10:05
Dok. Telkomsel

Jakarta, CNBC Indonesia - Telkomsel telah memperkenalkan INDICO sebagai anak perusahaan yang akan menjadi holding company bagi bisnis vertikal di sektor digital. INDICO berkomitmen mengakselerasi peluang dan inovasi dalam pemanfaatan teknologi digital yang akan memperkuat ekosistem industri digital.

Lalu, seberapa besar kontribusi INDICO bagi pertumbuhan bisnis Telkomsel? CEO INDICO Andi Kristianto menyebutkan bahwa untuk saat ini, kontribusi INDICO belum sebesar bisnis utama Telkomsel lainnya.

"Kalau Telkomsel sendiri sudah tumbuh 27 tahun ini dari bisnis telekomunikasi ya, connectivity, SMS, broadband. Itu akan tetap jadi kontributor utama sampai ke depan. ini long revenues," ungkap Andi dalam talk show "Unlocking Indonesia's Digital Potential" di Expo 2020, belum lama ini.

Menurut Andi, bisnis yang bergerak dalam industri digital tidak langsung mengejar revenue atau pendapatan. Hal ini karena perusahaan digital belum dapat langsung segera menggarap bisnis, melainkan terlebih dahulu memperkenalkan produk atau mencari pengguna.



"Jadi kita ingin membiasakan diri untuk masuk ke matrik-matrik yang produk market fit. Habis itu bisnisnya. Karena kalau tidak, panelnya tidak begitu. Kalau telekomunikasi, kan, memang sudah scalable," tegas Andi.

Diketahui INDICO berfokus pada pengembangan solusi dan layanan lintas sektor yang berorientasi pada pelanggan melalui inovasi teknologi. Langkah ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam mengakselerasi gaya hidup digitalnya.

Pada tahap pengembangan gelombang pertama, Indico akan fokus dalam mengembangkan tiga sektor industri digital prioritas, yakni kesehatan (health-tech), pendidikan (edu-tech), dan gaming yang dinilai memiliki potensi besar untuk mendorong perekonomian digital nasional.

Saat ini INDICO mengakuisisi platform edutech Kuncie dan platform health-tech Fita. Untuk sektor gaming, INDICO dan GoTo melalui PT Aplikasi Multimedia Anak Bangsa (AMAB) telah membentuk perusahaan patungan (joint venture) PT Games Karya Nusantara dengan brand Majamojo.

Selain ketiga sektor tersebut, INDICO juga membuka kesempatan untuk memperluas portofolio bisnis vertikal ke lebih banyak sektor industri lainnya.

"Kami berharap, INDICO mampu menghadirkan solusi digital yang bermanfaat bagi masyarakat Indonesia sekaligus memperkuat pemberdayaan talenta lokal untuk berkontribusi secara positif di pasar regional hingga global," ujar Andi.



[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ada INDICO, Kapan Bawa Keuntungan Buat Telkomsel?


(rah/rah)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading