Economic Outlook 2022

Buka-Bukaan Web3, Metaverse & NFT Buat Ekonomi Digital RI

Tech - Khoirul Anam, CNBC Indonesia
22 March 2022 14:45
Wafa Taftazani - Founder & CEO - UpBanx

Jakarta, CNBC Indonesia - Web 3.0, dunia virtual Metaverse hingga non-fungiable token (NFT) sedang booming. Apa itu dan bagaimana bisa berkontribusi kepada perekonomian Indonesia?

Founder dan CEO UpBanx Wafa Taftazani mengatakan Web 3.0 merupakan fenomena pertukaran konten yang terjadi secara universal dan tidak satu otoritas yang mengawasi. Semua berbasis dengan blockchain yang tidak bisa dipalsukan dan dibobol hacker.

Adapun NFT merupakan aset digital yang kepemilikannya dicatat di blockchain. Bentuknya bisa berupa foto, catatan rumah sakit, catatan kependudukan hingga catatan keuangan.


Sementara Metaverse menggabungkan semua konsep Web 3.0 hingga NFT dalam lingkungan virtual. Untuk mengakses dunia virtual ini biasanya dibutuhkan perangkat virtual reality.

"Semua ini sedang berkembang dan kita masih belajar tentang perubahan ini. Tetapi ini akan bisa berkontribusi besar pada perekonomian Indonesia ke depannya," terang Wafa dalam CNBC Indonesia Economic Outlook 2022, Selasa (23/3/2022).

Salah satu bentuk teknologi ini pada pertumbuhan ekonomi nantinya adalah Web 3.0 hingga NFT membutuhkan banyak tenaga kerja sehingga pengembangannya akan bisa menciptakan peluang kerja.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Intip di Sini Cara Bikin Karyawan Happy Lewat Teknologi!


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading