Pluang Dorong Literasi Keuangan Generasi Muda Lewat FinanSiap

Tech - Khoirul Anam, CNBC Indonesia
07 March 2022 09:45
Platform wealth tech Pluang memberikan edukasi dan literasi finansial melalui program FinanSiap.

Jakarta, CNBC Indonesia - Platform wealth tech Pluang memberikan edukasi dan literasi finansial melalui program FinanSiap. Berkolaborasi dengan GoInvestasi, FinanSiap mengangkat tema diversifikasi investasi, pengembangan portofolio, dan mitigasi risiko yang ditayangkan di akun Instagram @pluang_id dan @gopayindonesia.

Diketahui kolaborasi Pluang dan Gopay dalam program FinanSiap untuk menjawab antusiasme masyarakat terhadap investasi. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan transaksi di GoInvestasi selama 2021. Di samping itu, berdampak terhadap pertumbuhan jumlah pengguna aplikasi Pluang, yang pada 2021 lalu bertambah hingga 33 kali lipat dibanding tahun sebelumnya.

Co-Founder Pluang Claudia Kolonas mengungkapkan tingginya angka pertumbuhan investor ritel di Indonesia, terutama di kalangan milenial, menjadi motivasi Pluang untuk mengedepankan kegiatan edukasi dan literasi finansial.


"Kami ingin masyarakat mengetahui bahwa setiap investasi memiliki risikonya masing-masing, dengan mengetahui profil risiko, investor diharapkan dapat lebih mudah dalam menentukan kelas aset yang tepat, sebagai kendaraan dalam mencapai tujuan finansialnya," kata Claudia dalam keterangan tertulis, Jumat (4/3/2022).

Dia juga menambahkan, Pluang mengutamakan fungsi diversifikasi untuk meminimalisir risiko. Dengan satu aplikasi, kata Claudia, para investor bisa berinvestasi ke berbagai kelas aset. Hal inilah yang ditawarkan oleh Pluang agar investor dapat mendiversifikasikan portofolionya secara langsung.

Saat ini Pluang menawarkan berbagai produk investasi kepada lebih dari 4 juta pengguna. Pluang bekerja sama dengan GoInvestasi menghadirkan produk emas digital dan reksa dana bagi para pengguna aplikasi Gojek. Hal tersebut memungkinkan pengguna Gojek untuk mulai berinvestasi melalui dengan biaya dari 0,01 gr emas atau setara Rp 10.000.

Sementara itu, Chief Marketing Officer GoPay Fibriyani Elastria, mengatakan melalui FinanSiap pihaknya mengajak masyarakat memanfaatkan kemudahan investasi emas digital dan reksa dana lewat GoInvestasi di aplikasi Gojek.

"Ini adalah bagian dari upaya GoPay untuk memudahkan masyarakat mengatur keuangan serta membantu membangun kebiasaan menabung rutin untuk mencapai mimpi-mimpi keuangan mereka di masa depan," kata Fibri.

Mengenai investasi, Co-Founder Ternak Uang Felicia Tjiasaka Putri menegaskan pentingnya diversifikasi portofolio untuk meminimalisir risiko. Ia menyarankan pengguna Gojek untuk segera memulai investasi, yaitu dari kelas aset dengan risiko rendah seperti emas dan reksa dana.

Sebagai informasi, program FinanSiap yang diprakarsai GoPay ini digelar sejak Juli 2021. Program ini turut melibatkan berbagai pakar sebagai narasumber dengan cakupan materi perencanaan keuangan, pengelolaan keuangan, dan pengenalan jenis investasi.

FinanSiap diharapkan dapat mewujudkan layanan jasa keuangan yang inklusif bagi seluruh lapisan masyarakat dan menjawab kebutuhan peningkatan literasi keuangan di tengah masyarakat yang semakin melek teknologi serta investasi.

Selain webinar, program FinanSiap terdiri dari rangkaian konten edukasi yang dikemas secara ramah sehingga dapat dengan mudah dipahami oleh masyarakat umum dan investor pemula. Konten-konten tersebut disajikan dalam bentuk situs web, artikel, video, infografis, serta podcast.

Platform wealth tech Pluang memberikan edukasi dan literasi finansial melalui program FinanSiap.Foto: Platform wealth tech Pluang memberikan edukasi dan literasi finansial melalui program FinanSiap. (ist)
Platform wealth tech Pluang memberikan edukasi dan literasi finansial melalui program FinanSiap.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Pluang: Saham AS Strategis Untuk Diversifikasi Portofolio


(rah/rah)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading