Sony Gandeng Honda Ganggu Kejayaan Tesla di Mobil Listrik

Tech - Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
04 March 2022 17:30
Sony BuyBack Saham USD 900 Juta (CNBC Indonesia TV)

Jakarta, CNBC Indonesia - Raksasa elektronik Jepang Sony merambah bisnis kendaraan listrik. Caranya dengan membuat perusahaan patungan (join venture) dengan produsen otomotif Honda.

Perusahaan patungan ini rencananya akan didirikan tahun dan memulai penjualan kendaraan pertama pada 2025. Perusahaan ini akan merancang, mengembangkan dan menjual mobil listrik namun tidak akan memiliki atau mengoperasikan fasilitas manufaktur.

Produksi mobil listrik itu akan dilakukan oleh Honda di pabriknya sendiri. Sony akan jadi pengembang "platform layanan mobilitas" kendaraan ramah lingkungan itu, seperti dikutip dari CNBC International, Jumat (4/3/2022).


Belum terungkap detil rencana pengembangan perusahaan patungan itu, tetapi Sony adalah pemasok utama sensor gambar untuk smartphone dan kemungkinan merancang chip untuk mobil. Sony juga merupakan pemain game utama dengan divisi PlayStation-nya.

Sony mengatakan pada bulan Januari lalu bahwa mereka akan mendirikan sebuah perusahaan bernama Sony Mobility untuk menjajaki masuk ke pasar kendaraan listrik. Perusahaan juga meluncurkan prototipe kendaraan sport utility yang disebut VISION-S 02.

Sementara Honda telah bertransisi menjadi perusahaan mobil listrik. Produsen mobil Jepang itu mengatakan akan menghentikan produksi kendaraan bertenaga gas pada tahun 2040. Honda saat ini memiliki usaha patungan dengan General Motors untuk mengembangkan kendaraan listrik baru.

Usaha patungan Sony dan Honda menandai contoh lain dari perusahaan teknologi yang terjun ke sektor otomotif dan produsen mobil yang ingin meningkatkan kemampuan teknologi mereka.

Perusahaan teknologi China Baidu dan Xiaomi sama-sama membentuk perusahaan patungan kendaraan listrik sementara sebuah laporan tahun lalu menyebutkan Apple meningkatkan upayanya dalam kendaraan self-driving.

Masuknya Sony di bisnis mobil listrik akan membuat pesaing Tesla milik Elon Musk bertambah. Selama ini Tesla merupakan salah satu pionir di bisnis mobil listrik canggih.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Sony Akan Bangun Perusahaan Kendaraan Listrik Mobility Inc


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading