Senjata Rahasia Ukraina Lawan Rusia: Bitcoin & Dogecoin Cs

Tech - Lalu Rahardian, CNBC Indonesia
03 March 2022 13:50
Infografis/Jangan Asal Beli, kenali Dulu 3 Mata Uang Kripto yang sedang Booming/Aristya Rahadian

Jakarta, CNBC Indonesia - Ukraina mulai menerima sumbangan dalam bentuk uang digital atau kripto dogecoin untuk membiayai tentaranya yang kini sedang berperang dengan Rusia.

Uang kripto yang diterima Ukraina untuk membantu pembiayaan militernya selain dogecoin adalah solana dan yang lainnya.

Mengutip CNBC International, penggunaan uang kripto sebagai bantuan pendanaan untuk Ukraina sudah diumumkan Wakil Perdana Menteri Ukraina Mykhailo Fedorov, Rabu (2/3/2022) waktu setempat. Dia menyebut masyarakat bisa mengirim dogecoin untuk donasi ke negaranya.


"Sekarang bahkan meme dapat membantu tentara kami dan menyelamatkan banyak nyawa dari invasi yang dilakukan Rusia," tulis Fedorov dalam akun Twitter pribadinya.

Sebelumnya, Fedorov sempat mengatakan bahwa saat ini ada sebuah proyek bernama Aid for Ukraine yang sedang berjalan. Proyek ini adalah kolaborasi pemerintah Ukraina, Everstake, dan platform blockchain kripto bernama Solana.

Selain menerima uang kripto sebagai sumbangan, Ukraina juga mulai mengizinkan token atau NFT (non fungible token) sebagai sumbangan yang bisa diberikan orang untuk negara itu. NFT adalah aset digital yang disimpan menggunakan teknologi blockchain.

Sementara itu, platform pertukaran uang kripto Uniswap telah membangun fungsi yang memungkinkan orang untuk mengubah mata uang digital berbasis Ethereum menjadi eter dan mengirimkannya ke pemerintah Ukraina.Ethereum adalah platform blockchainyang dapat dibangun oleh pengembang di atasnya.

Ukraina juga menyebut sudah menerima uang kripto DOT yang nilainya setara US$5 juta dari co-founder platform blockchain Polkadot. Fedorov menyebut sumbangan ini sangat membantu negaranya agar menang melawan Rusia dan membantu masyarakat yang kesulitan.

Sejak perang Ukraina dan Rusia terjadi, Ukraina sudah mengumpulkan sumbangan uang kripto senilai US$35 juta. Penerimaan uang kripto sebagai bentuk sumbangan telah dilakukan Ukraina sejak 26 Februari lalu.

Awalnya, Ukraina hanya menerima sumbangan dalam bentuk uang kripto bitcoin, ether, dan tether. Akan tetapi saat ini jumlah uang kripto yang diterima negara itu semakin bertambah jenisnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Awas! Uang Kripto Disebut Bisa Picu Krisis Keuangan Global


(roy/roy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading