NASA Temukan Benda Mirip Karang di Mars, Tanda Kehidupan?

Tech - Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
01 March 2022 19:57
Ilustrasi planet Mars. (DasWortgewand/Pixabay)

Jakarta, CNBC Indonesia - Robot milik NASA, Curiosity, melihat deretan mineral yang berbentuk mirip karang di permukaan Planet Mars. Benda tersebut sebenarnya adalah mineral mikroskopis.

Kemungkinan benda yang tertangkap gambarnya di kawasan Kawah Gale itu, terbuat dari air yang menetes melalui batu miliaran tahun yang lalu.

Gambar mikroskopis pasir Mars diambil dengan Mars Hand Lens Imager (MAHLI), alat untuk mencitrakan mineral, tekstur, dan struktur di bebatuan dan tanah pada skala yang lebih kecil dari diameter rambut manusia.


Tim Curiosity mengkonfirmasi benda yang mirip karang itu adalah 'cluster kristal diagenetik'. Menurut para ahli NASA, benda tersebut dibentuk oleh mineral yang mengendap dari air, demikian dikutip dari Daily Mail, Selasa (1/3/2022).

Meskipun terlihat besar dalam gambar, sebenarnya bentuk benda itu lebih kecil dari koin satu sen. Jika dilihat bentuknya terdiri dari kelompok kristal tiga dimensi yang terbuat dari kombinasi mineral.

Ilmuwan NASA mengatakan, temuan itu dapat memberi tahu mereka lebih banyak tentang struktur tanah Planet Merah. Serta bagaimana planet itu terlihat, termasuk aliran air yang telah lama hilang.

Curiosity sendiri saat ini memang sedang mempelajari Kawah Gale, sebuah dasar danau kering yang berdiameter 96 mil dan mencakup gunung Aeolis Mons yang menjulang 18.000 kaki di atas dasar kawah.

NASA awalnya memilih kawah tersebut sebagai situs Curiosity yang mendarat di Mars pada November 2011 lalu. Karena kawah ini menurut penelitian menyimpan bukti keberadaan air di masa lalu.

Abigail Fraeman, ilmuwan proyek Curiosity, menjelaskan formasi yang tidak biasa itu. Ia menggambarkannya gambar tersebut sebagai struktur halus kecil yang dibentuk oleh mineral yang mengendap dari air.

Ini bukan pertama kalinya rover melihat formasi ini, yang kemungkinan terbuat dari garam yang disebut sulfat. Jika ini sama dengan versi yang ditemukan sebelumnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

NASA Temukan Jejak Air di Mars, Tanda-tanda Kehidupan?


(roy/roy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading