Vivo, Oppo & Xiaomi Minggir Dulu, Ini Raja HP di Dunia

Tech - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
20 February 2022 09:10
Samsung Galaxy S21 FE 5G. (Tangkapan layar Samsung.com)

Jakarta, CNBC Indonesia - Samsung masih menjadi brand ternama dari kelas Android. Perusahaan asal Korea Selatan (Korsel) ini juga berhasil menjadi salah satu brand yang mengirimkan paling banyak unit smart phone pada tahun 2021.

Capaian itu berhasil melampaui produsen ponsel pintar iPhone buatan Apple dan beberapa brand ponsel berbasis Android seperti Xiaomi, Oppo, dan Vivo.

Laporan Perusahaan Data Internasional (IDC) tahun lalu menyebutkan Samsung mengirimkan 272 juta ponsel atau memegang 20% pangsa pasar. Sementara Apple berjumlah 235,7 ponsel.


Sementara dari kelas Android berikutnya adalah Xiaomi dengan 191 juta unit, Oppo sebanyak 133,5 juta unit, dan Vivo 128,3 juta unit.

Secara umum, perusahaan-perusahaan mengirimkan 1,35 miliar smart phone tahun 2021. Angka tersebut naik 5,7% dari tahun sebelumnya.

Menurut IDC, pasar smart phone masih memiliki masalah rantai pasokan. Ini membuat ponsel pintar yang dikirimkan kuartal IV-2021 lebih sedikit dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

"Rantai pasokan dan kelangkaan komponen mulai berdampak pada pasar smartphone saat masuk paruh kedua tahun ini dan hal ini terus berlanjut hingga memasuki 2022," kata Wakil Presiden IDC untuk riset perangkat mobile global, Ryan Reith, dikutip dari Cnet.

Selain itu, masyarakat dunia juga punya dua minat baru di pasar smart phone, yakni ponsel lipat dan perangkat dengan dukungan 5G.

Sebagai informasi, angka yang dihadirkan IDC sedikit berbeda dengan laporan Counterpoint Research. Samsung masih menjadi yang pertama dengan 272 juta ponsel dan Apple di tempat kedua 235,7 juta.

Xiaomi berada di belakang Samsung dan Apple sebanyak 191 juta unit. Oppo dan Vivo mengirimkan 133,5 juta dan 128,3 juta unit.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Mau Ganti HP Baru? Siap-siap Harga Smartphone Mau Melejit


(tfa/tfa)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading