Menkes Ungkap Kelompok yang Alami Gejala Berat Omicron di RI

Tech - Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
14 February 2022 19:35
Registered nurse Estella Wilmarth tends to a patient in the acute care unit of Harborview Medical Center, Friday, Jan. 14, 2022, in Seattle. Washington Gov. Jay Inslee is deploying 100 members of the state National Guard to hospitals across the state amid staff shortages due to an omicron-fueled spike in COVID-19 hospitalizations. Inslee announced Thursday that teams will be deployed to assist four overcrowded emergency departments at hospitals in Everett, Yakima, Wenatchee and Spokane, and that testing teams will be based at hospitals in Olympia, Richland, Seattle and Tacoma. (AP Photo/Elaine Thompson)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin ada tiga kriteria orang yang mengalami gejala berat Omicron. Pertama yakni orang yang sudah tua, lalu orang dengan komorbid dan mereka yang belum belum divaksinasi lengkap.

"Ini yang bisa kita lakukan, vaksin cepat-cepat. Semua yang belum divaksin terutama lansia yang punya komorbid," ujar BGS saat konferensi pers, Senin (14/2/2022).

Mengenai vaksinasi, terangnya lebih lanjut, pasien Covid-19 yang meninggal atau masuk ICU 60 persen lebih belum di vaksinasi atau vaksinasinya belum lengkap 2 dosis.


"Jadi bantu saudara-saudara kita agar di vaksinasi atau untuk di dorong vaksinasi lengkapnya," ajaknya.

BGS menyebut hingga saat ini baru tujuh provinsi yang menjalankan vaksinasi Covid-19 lengkap dua dosis. Namun, itu juga baru mencapai 70%.

Sementara untuk vaksinasi lansia dengan vaksinasi lengkap dua dosis baru terdapat di empat provinsi, juga baru mencapai 70%. Adapun empat provinsi tersebut antara lain Jakarta, Bali, Yogyakarta, dan Kepulauan Riau.

"Kami melihat bahwa yang belum di vaksinasi dosis dua ini di atas 3 bulan ada 10 juta lebih dan yang di atas 6 bulan ada 2,5 juta," ungkapnya.

Sementara provinsi lainnya menurutnya relatif belum mencapai 70% vaksinasi lengkap dua dosis. Oleh karena itu, dirinya mengimbau agar warga, terutama lansia yang belum mendapatkan vaksinasi lengkap dua dosis untuk segera melakukan vaksinasi.

"Jadi, tolong saudara-saudara, orang tua yang belum vaksin dosis kedua cepat divaksin." imbaunya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ini Obat Untuk Menyembuhkan Omicron, Ada Avigan


(roy/roy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading