iPhone Buat Fitur Face ID Baru, Buka Ponsel dengan Masker

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
29 January 2022 13:10
iPhone X and Face ID (2017) (Dok. inet.detik.com)

Jakarta, CNBC Indonesia - Dengan pandemi menyerang di seluruh dunia, masyarakat pun dipaksa menggunakan masker saat berkegiatan. Namun ini cukup mengganggu bagi pengguna iPhone karena tak bisa langsung membuka ponselnya dengan Face ID jika masih menggunakan masker.

Nampaknya kesulitan ini bakal segera teratasi. Sebab laporan Mac Rumors, Apple telah merilis iOS 15.4 beta yang salah satu fiturnya dapat membuka ponsel dengan wajah bermasker semudah seperti biasanya.


Setelah memperbarui iOS 15.4, Face ID dengan masker akan muncul dalam opsi pengaturan. Pengguna juga bisa langsung mengaktifkan fitur tersebut dan cara membuka kuncinya masih sama hanya menggeser ke atas pada screen lock ponsel.

Mac Rumors mencatat Face ID dengan masker hampir identik dengan tanpa masker. Namun tidak akan terbuka dari sudut yang tidak biasa sebab kontak mata diperlukan.

"Jadi pengguna harus melihat langsung ke iPhone agar Face ID dengan masker bisa berfungsi dengan baik," tulis laporan itu dikutip Sabtu (29/1/2022).

Pengguna bisa mengaktifkan fitur setelah menginstal iOS 15.4. Namun juga bisa nanti dengan menuju ke menu Settings > Face ID & Passcode.

Sebaiknya juga buat pengaturan ulang jika ingin menggunakan kacamata bersamaan dengan masker. Jadi saat mengaktifkan fitur, pakailah kacamata dan masker lalu gunakan fitur "Add Glasses" untuk membuat pemindaian Face ID menggunakan kedua aksesoris itu.

"Face ID dengan masker tidak bisa digunakan dengan kacamata hitam karena fitur butuh melihat mata Anda," tulis Mac Rumors.

Apple menjelaskan Face ID dengan masker bisa mengenali fitur unik di sekitar mata dengan tujuan otentikasi. Sayangnya, fitur ini tak berlaku untuk semua iPhone.

Fitur hanya berlaku untuk model iPhone 12 dan iPhone 13, jadi tidak akan tersedia untuk iPhone 11 atau lebih lama. Mac Rumors juga menambahkan belum jelas apakah peraturan ini hanya sementara dan ke depannya akan diperluas cakupan ponselnya oleh Apple.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Awas Panas! Apple Klaim iPhone Lebih Aman dari Android


(npb/npb)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading