Apple iOS 15.3 Rilis, Update iPhone Kamu Bila Mau Tetap Aman

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
27 January 2022 13:45
Antrian pembeli Iphone 13 di New York. (AP/Richard Drew) Foto: Antrian pembeli Iphone 13 di New York. (AP/Richard Drew)

Jakarta, CNBC Indonesia - Apple meluncurkan pembaruan iOS 15.3 dan iPadOS 15.3. Update ini untuk memperbaiki sejumlah kelemahan keamanan, termasuk yang terjadi di Safari.

CNet menuliskan bug di browser tersebut memungkinkan situs web yang dikunjungi pengguna bisa melihat riwayat penelusuran dan data pribadi lain.

Pembaruan ini bersifat gratis, dan tersedia untuk perangkat dari iPhone 6S, iPhone SE 2016 dan iPod Touch (generasi ke-7). Untuk iPadOS 15.3 bisa untuk iPad (generasi ke-5), iPad Pro semua model, iPad Mini 4 dan iPad Air 2.

Dalam pembaruan ini bukan hanya untuk Safari, namun juga untuk kerentanan seperti pada ColorSync, iCloud dan perangkat lain.

Misalnya pada laman Support Apple, terlihat ada untuk ColorSync di mana berdampak pada memproses file jahat yang bisa mengakibatkan eksekusi kode arbitrer. Dengan pembaruan ini, telah menyelesaikan masalah kerusakan memori.

Selain itu ada juga laporan crash, masalahnya pada aplikasi berbahaya bisa memperoleh hak aset root. Apple juga menyatakan masalah tersebut telah diatas dengan validasi yang ditingkatkan.

Untuk iCloud, Apple menyebut aplikasi bisa mengakses file pengguna. Perusahaan menuliskan masalah muncul dalam logika validasi jalur untuk symlink.

Pada masalah tersebut, perusahaan mengatakan telah diatasi dengan meningkatkan sanitasi pada jalur.

Apple juga menuliskan perilisan iOS 15.3 dan iPadOS 15.3 sudah dilakukan pada 26 Januari 2022. Jadi pengguna dapat memperbaruinya sekarang.

Untuk memperbarui iPhone dan iPad, buka aplikasi Settings > General > Software Update berikutnya ketuk Install Now.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

WhatsApp Setop Beroperasi di HP ini Pada Oktober, Punya Kamu?


(npb/roy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading