Penampakan UFO Pernah Terjadi di RI, Pernah Lihat yang Mana?

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
26 January 2022 10:50
UFO (Youtube)

Jakarta, CNBC Indonesia - Tak sedikit orang yang mempercayai keberadaan unidentified flying object atau UFO. Sejumlah benda asing bahkan sering diidentifikasikan sebagai penampakan dari obyek yang diklaim dari antariksa tersebut.

Di Indonesia tak luput dari rumor keberadaan UFO. Beberapa kali masyarakat mengaku melihat benda yang diyakini sebagai UFO.

Berikut sejumlah penampakan UFO yang terjadi di Indonesia, dirangkum dari detik.com, Rabu (26/1/2022):


1. Crop Circle Magelang

Keberadaan UFO sempat heboh diberitakan setelah ditemukan crop circle di Magelang. Namun hal ini dibantah oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

LAPAN menyebut crop circle itu hasil buatan manusia. Temuan yang sama pernah ada di negara lain, bahkan pola di Eropa jauh lebih sulit dari yang ditemukan di Magelang.

2. Ciamis

Rudiat, seorang warga Ciamis pernah mengabadikan sebuah benda terbang dan diakui sebagai UFO. Ini terjadi pada 27 Juli 2018 pukul 21:00 WIB.

"Awalnya saya mengira itu pesawat terbang, tapi biasanya lampunya berkedip-kedip, kalau yang ini tidak berkedip," ungkapnya kala itu.

Kepala LAPAN saat itu, Thomas Djamaluddin menjelaskan UFO tidak ada sebab tidak ada bukti ilmiahnya. "Mungkin saja ada orang yang iseng menerbangkan layang-layang berlampu," jelas Thomas.

3. Bandung

Pada 2012 lalu, seorang anak bernama Nisrina Azahra menuju lantai dua yang menjadi tempat menjemur pakaian di rumah. Dia mengarahkan kamera ponsel Nokia C5 ke langit bercuaca cerah dan berawan, lalu mengambil foto sebanyak-banyaknya.

Salah satu fotonya menunjukkan gambar seperti bola mata cahaya merah muda. Bentuknya elips dengan bulatan putih di bagian tengah.

Ayah Zahra lalu mengirimkan foto ke bagian astronomi untuk mengonfirmasi apakah benda itu UFO atau tidak. Saat itu Roy Suryo juga diminta komentar dan mengatakan benda tersebut merupakan uap air kotor dan menjadi berwarna saat ditangkap kamera.

"Mengapa bisa dipersepsikan sebagai 'mata' atau UFO, justru lebih kepada masalah resolusi dan low contrast kualitas Lensa dari kamera ponsel tersebut yang tidak dimungkinkan menampilkan obyek sesuai aslinya," jelas Roy, saat dihubungi detikcom, Kamis (28/6/2012).


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ngeri! 143 UFO Muncul Dekat Markas Militer AS, Pentagon Siaga


(npb/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading