Penasaran Pendapatan Youtuber di RI, Ini Cara Menghitungnya

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
25 January 2022 18:35
This Oct. 21, 2015 photo shows signage with a logo at the YouTube Space LA offices in Los Angeles. (AP Photo/Danny Moloshok)

Jakarta, CNBC Indonesia - Sejumlah Youtuber bisa dikatakan mendulang uang dari konten-konten yang diunggah di kanal Youtube. Bahkan ada yang mendapatkan ratusan miliar rupiah dari pekerjaannya itu.

Lalu bagaimana sih menghitung pendapatan para pembuat konten tersebut?

Ada empat fakor untuk menentukan potensi penghasilan Youtube, berikut daftarnya, dikutip dari influencemarketinghub, Senin (25/1/2022):


  • CPM atau Cost per 1.000 impressions dan CPC atau Cost per Click
  • Perkiraan penghasilan kotor per 1.000 penonton
  • Perkiraan penghasilan per pelanggan
  • Perkiraan varian berdasarkan video engagement

Kamu juga tak bisa hanya mengunggah video di Youtube dan berharap akan mendapat uang dari sana. Namun ada beberapa langkah yang harus dilakukan sebelum Youtube mengizinkan untuk memonetisasi video.

Berikut caranya:

  • Mengaktifkan akun untuk dimonetisasi, ini dengan mencentang opsi di kanal Youtube dan menyetujui perjanjian monetisasi Youtube
  • Hubungkan kanal dengan akun AdSense, bisa dengan membuat akun AdSense baru atau melampirkan kanal pada akun yang sudah ada
  • Youtube akan mengizinkan video dimonetisasi jika dianggap 'advertiser-friendly'. Artinya kamu tidak bisa mengenakan biaya untuk video yang menampilkan kekerasan atau ketelanjangan dan khususnya jika setuju bahwa video tidak melanggar undang-undang hak cipta.
  • Siapkan satu video atau beberapa video tertentu untuk dimonetisasi

Pendapatan Youtuber

Sebagai acuan Google diperkirakan membayar 68% dari pendapatan Adsense. Jadi misalnya ada US$100 yang dibayarkan pengiklan, Google membayar US$68 kepada penerbit.

Laman tersebut menuliskan tarif yang dibayar pengiklan bervariasi, biasanya US$0,10 hingga US$0,30 per penayangan namun rata-rata US$0,18. Rata-rata kanal mendapat US$18 per 1000 tampilan iklan dan setara dengan US$3-US$5 per 1000 tayangan video.

Kamu juga bisa melihat gaji Youtuber dalam beberapa situs, salah satunya socialblade atau influence marketing hub. Ini cara melihat pendapatan para Youtuber di dua situs tersebut:

Socialblade

1. Buka situs socialblade.com
2. Tulis kanal Youtube yang ingin dicek
3. Klik pada kanal
4. Berikutnya akan muncul informasi terkait kanal dan perkiraan penghasilan yang diperoleh

Influencer marketing hub

1. Buka influencer marketing hub
2. Akan terlihat kolom Estimated Total Earnings by Channel, masukkan pengguna Youtube yang ingin dicari pendapatannya. Yakni dengan copy url profil kanal tersebut dan tempelkan pada kolom yang tersedia
3. Klik tombol enter
4. Berikutnya akan terlihat informasi terkait jumlah subscriber, total penonton video, total perkiraan pendapatan, dan rata-rata pendapatan per video.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Daftar 10 Youtuber Bayaran Tertinggi, Ada Raffi Ahmad?


(npb/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading