Cara Offline Check-In di PeduliLindungi Tanpa Kuota Internet

Tech - Tim, CNBC Indonesia
25 January 2022 16:10
Petugas memberikan informasi scan code vaksin kepada pengunjung yang akan masuk ke dalam Mal Blok M Plaza, Jakarta, Selasa (10/8/2021). Pemerintah mengumumkan kembali memperpanjang PPKM hingga 16 Agustus 2021. Dalam perpanjangan kali ini pusat perbelanjaan atau mal di wilayah PPKM level 4 bisa dibuka dalam kapasitas 25%.  (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - PeduliLindungi merupakan aplikasi yang digarap pemerintah Indonesia untuk bantu melakukan pelacakan sebagai usaha menghentikan penyebaran Covid-19. Di dalamnya terdapat informasi mengenai status vaksinasi Covid-19 pemilik akun, informasi tes Covid-19 hingga informasi zona wilayah.

Untuk bisa masuk ke dalam ruang publik, kita harus scan barcode atau melakukan check-in melalui aplikasi PeduliLindungi. Jika Anda sudah melakukan vaksinasi Covid-19 lengkap, maka akan muncul barcode warna hijau yang artinya Anda sudah vaksin lengkap dan diperbolehkan masuk ke tempat umum.

Penggunaan aplikasi PeduliLindungi sebagai syarat masuk ke ruang publik tentu membutuhkan akses internet yang lancar. Lalu bagaimana jika pengguna aplikasi memiliki kendala internet dan tidak bisa melakukan check-in di PeduliLindungi?


Fitur Check-In Offline di PeduliLindungi

Terkadang, kendala internet membuat kita panik ketika ingin memasuki ruang publik. Karena, salah satu syarat untuk bisa mengakses ruang publik adalah dengan melakukan scan barcode atau check-in melalui aplikasi PeduliLindungi.

Namun jangan terlalu khawatir, karena Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI melalui akun resmi instagramnya, mengumumkan tentang kehadiran fitur terbaru di aplikasi PeduliLindungi, yakni fitur check-in offline.

"Check-in dengan PeduliLindungi di ruang publik, gedung perkantoran, atau di mana saja semakin mudah dengan fitur Offline Check-in," ujar akun instagram resmi milik Kemenkominfo pada Kamis, (13/01/2022).

Fitur check-in sudah hampir digunakan di setiap ruang publik mulai dari fasilitas transportasi, mall, perkantoran, tempat makan dan tempat umum lainnya sebagai syarat untuk bisa memasuki kawasan tersebut.

Kehadiran fitur offline check-in tentu merupakan angin segar untuk mengatasi ketika masyarakat mengalami kendala sinyal atau tidak ada kuota. Lalu bagaimana cara menggunakan fitur scan barcode check-in offline ini?

Anda hanya perlu melakukan pembaruan aplikasi PeduliLindungi ke versi terbaru melalui Google Play Store maupun App Store. Selain hadirnya fitur check-in offline, terdapat pula informasi mengenai program vaksinasi booster yang bisa Anda cek melalui aplikasi PeduliLindungi.

Jadi, untuk bisa mengakses fitur baru ini, silahkan segera lakukan update aplikasi PeduliLindungi di perangkat HP Anda, Android maupun iOS.

Sudah Vaksin Tapi Tak Kunjung Dapat Sertifikat?

Aplikasi PeduliLindungi memang memiliki fungsi untuk menyimpan data masyarakat yang sudah melakukan vaksin. Setelah mendapatkan dosis vaksin, sertifikat akan segera dikirim melalui aplikasi ini paling lambat 1x24 jam. Jika sudah vaksin lengkap, tentu Anda bisa menjadi lebih mudah ketika check-in di ruang publik menggunakan PeduliLindungi.

Lalu bagaimana dengan mereka yang tidak bisa kemana-mana akibat sertifikat vaksin tidak kunjung dikirim? Jangan dulu panik, Anda bisa melakukan cara di bawah ini jika sertifikat vaksin Anda belum dikirim oleh Kemenkes.

1. Mengajukan keluhan tidak mendapatkan sertifikat vaksin melalui email resmi PeduliLindungi di [email protected] dengan format berikut:

  • Nama Lengkap
  • NIK KTP
  • Tempat Tanggal Lahir
  • Nomor Ponsel
  • Lampiran foto dengan KTP dan kartu vaksin

2. Mengajukan keluhan belum mendapatkan sertifikat vaksin melalui chatbot di akun WhatsApp resmi Vaksinasi Covid-19 yang dikembangkan langsung oleh pihak Kemenkes RI (081110500567).


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Sudah Vaksin di LN Terdata di PeduliLindungi, Ini Caranya


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading