Titah Erick Thohir ke Telkomsel: Garap Digital, Metaverse

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
25 January 2022 14:25
Menteri BUMN Erick Thohir menyatakan total aset konsolidasi holding BUMN penerbangan dan pariwisata InJourney pada tahun 2024 diperkirakan akan mencapai Rp 260 triliun.

Jakarta, CNBC Indonesia - Metaverse mulai masuk ke Indonesia. Ini terlihat saat Menteri BUMN, Erick Thohir meminta Telkomsel juga mulai menggarap dunia virtual itu.

Saat rapat dengan Komisi VI DPR RI, Erick mengatakan Telkomsel akan diminta mengembangkan digital termasuk game dan juga Metaverse. Asal tahu saja, metaverse adalah dunia virtual yang menggabungkan artificial intelligence, virtual reality (VR), dan augmented reality (AR).

" Untuk Telkomsel sendiri fokus kepada metaverse, game fee dan lain-lain itu para kreator ini," kata Erick, Selasa (25/1/2022).


Dia menjelaskan Telkomsel diarahkan ke skema Business to Consumer (B2C) pada kebutuhan konsumen, berbeda dengan PT Telkom Indonesia yang fokus pada skema Business to Business (B2B). Jadi perusahaan itu harus mengimbangi pertumbuhan yang ada.

"Ini Telkomsel lebih ke costumer, karena kita harus mengimbangi pertumbuhan daripada kreator-kreator yang sekarang ada di anak muda Indonesia tetapi jenis hasilnya berbeda," jelasnya.

Dia menjelaskan baik Telkom dan Telkomsel harus bisa berubah mengikuti tren yang terjadi saat ini. Jika tidak maka akan lupa melindungi pasar Indonesia yang pertumbuhan ekonomi digitalnya sangat masif.

Terlebih, Erick mengingatkan jika masyarakat Indonesia saat ini kebanyakan adalah anak muda.

"Kembali Telkom dan Telkomsel harus berubah mengikuti apa yang terjadi di dunia saat ini kalau tidak nanti, kita bicara sumber daya alam yang dihilirisasi tetapi juga kita lupa melindungi daripada market kita yang sekarang pertumbuhan ekonomi digital ini sangat masif, apalagi saat ini masyarakat kita sendiri banyak populasi muda," jelas Erick.

Erick mengatakan anak muda akan banyak yang menjadi gamer dan YouTuber. Di sektor itulah pendapatan baru akan terbentuk atau disebut sebagai game fee.

"Suka atau tidak suka mereka akan bergerak ke industri berbeda. Dalam riset-riset yang kita lakukan banyak anak muda jadi gamer dan YouTuber, ini jadi income baru karena gamer itu ada namanya game fee di mana terjadi pemasukan income pada gamers itu," ungkapnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Transformasi Digital, Telkomsel Kerja Sama dengan Bluebird


(npb/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading