Menkominfo Ungkap Alasan Matikan Jaringan 3G untuk 4G

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
20 January 2022 12:20
Menteri Kominfo, Johnny Plate

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny G Plate kembali mengimbau operator seluler Indonesia seperti Telkomsel, XL Axiata, Indosat Ooredoo hingga Smartfren untuk menghapus jaringan 3G.

Johnny Plate mengungkapkan jaringan 4G diharapkan jadi tulang punggung jaringan komunikasi di Indonesia.

"Dikakukan fadeout (penghapusan) karena 3G sangat lambat perlu 4G dibangun. Operator dipindah ke 4G, operator belum semua dibangun. Ada blank spot harus dibangun 4G prioritas membangun 4G atau faceout 3G. Kominfo bangun 4G diharapkan jadi tulang punggung," terang Johnny seperti dikutip Kamis (20/1/2022).


Sebelumnya, Johnny Plate mengungkapkan saat ini masih ada 12.548 desa/kelurahan merupakan area blank spot atau belum tersentuh jaringan telekomunikasi. Dari jumlah itu ada 3.435 desa/kelurahan di wilayah komersial yang blank spot, sisanya berada di wilayah 3T atau Terdepan, Terpencil, dan Tertinggal.

Menurutnya jika dilihat dari sebaran kehidupan masyarakat, maka ini berarti termasuk setengah dari Indonesia. "Itu kecil dari sisi persentase. Tetapi dari sisi luar wilayah dan sebaran kehidupan masyarakat lebih dari setengah Indonesia itu blank spot," ujar Johnny Plate.

Johnny menjelaskan kenapa memilih menghilangkan 3G dibandingkan 2G. Sebab 2G adalah jaringan untuk komunikasi suara, sedangkan 3G digunakan untuk komunikasi data dan lebih lambat dari 4G.

Johnny juga mengingatkan masyarakat jangan kaget jika komunikasi dengan kecepatan tinggi ada di wilayah 3T. Sebagian wilayah komersial yang sebelumnya menggunakan jaringan 3G memiliki biaya layanan lebih murah.

"Secara bertahap agar fade out 3G digantikan 4G. Kami juga tidak menunggu 3G selesai di face out [operator seluler] melalui Bakti (Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika) Kominfo juga akan melakukan pembangunan BTS 4G di wilayah 3T," kata Johnny Plate.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Permintaan Menkominfo ke Operator Seluler: Hapus Jaringan 3G


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading