Ulasan Sepekan

Pasar Kripto Lagi Naik, Mata Uang Kripto Ini Malah Drop 100%

Tech - Arif Gunawan, CNBC Indonesia
16 January 2022 20:10
concept design of worldwide bitcoin currency network

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga mata uang kripto bangkit sepanjang pekan ini, di tengah spekulasi bahwa bank sentral Amerika Serikat (AS) tak bakal terlampau keras dalam melakukan transisi menuju kebijakan moneter ketat, sehingga mendukung likuiditas ke pasar kripto.

Harga Bitwise 10 Crypto Index Fund, reksa dana indeks yang mengacu pada pergerakan 10 mata uang kripto utama di dunia, tercatat menguat 1,21% pada perdagangan Jumat (14/1/2022) menjadi 37,5.

Namun secara mingguan, posisi pada hari tersebut setara dengan reli sebesar 4,46% jika dibandingkan dengan penutupan Jumat akhir pekan lalu, yang berada di level 35,9. Penutupan akhir pekan lalu kian membawanya mendekat level penutupan akhir tahun 2021 sebesar 38,15.


Di dalam reksa dana indeks Bitwise, Bitcoin menyumbang 59,2% kapitalisasi pasarnya diikuti Etherum sebesar 28,7%. Sisanya berasal dari mata uang kripto lain yakni Solana, Cardano, Avalanche, Polygon, Chainlink, Litecoin, Algorand dan Bitcoin Cash.

Jika dirunut lebih jauh, di antara 9.102 mata uang kripto yang terdata oleh Coinmarketcap, reli harga terbesar sepanjang 7 hari terakhir ini dibukukan oleh Aigang (AIX) yakni sebesar 1.631,4% menjadi Rp151/keping pada pukul 17:00 WIB.

Sebaliknya, koin Degenerator Meme (MEME) menjadi mata uang kripto yang ambruk terparah, , yakni sebesar 55,6% menjadi Rp116,4 per keping. Kapitalisasi pasarnya di seluruh dunia tersisa hanya setara Rp 3,2 juta.

AIX adalah token mata uang digital yang diterbitkan oleh Aigang, sebuah protokol blockchain yang diciptakan pada tahun 2017 sebagai platform asuransi digital terotomasi penuh untuk pengembangan aplikasi asuransi terdesentralisasi (dApps). Mereka memakai Internet of Things (IoT) dan big data untuk menciptakan layanan asuransi tanpa jeda (seamless).

Sementara itu, MEME adalah token yang dirilis platform pengembang NFT karya seni digital bernama MEME. Ia memungkinkan seniman digital menyimpan keuntungan dari jual-beli NFT karyanya dengan menabung (staking) di token MEME tersebut.

Dari tabungan tersebut, pengguna mendapat keuntungan yang disebut pineapple, yang bisa dipakai untuk mencetak NFT pilihan mereka. Kini koin yang diterbitkan telah mencapai batas maksimalnya yakni sebanyak 28.000 keping yang kini beredar di pasar.

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ada Update Bursa Koin Kripto Indonesia Nih, Kapan Berdiri?


(ags/ags)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading