'Transmisi Lokal Omicron Terjadi, DKI Jadi Klaster Penularan'

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
15 January 2022 09:30
Infografis: Ini Cara Menkes Cegah Varian Omicron Menyebar di RI Foto: Ilustrasi penularan virus corona varian Omicron di Jakarta (CNBC Indonesia/Arie Pratama)

Jakarta, CNBC Indonesia - Sejak ditemukan bulan lalu, kasus Covid-19 Omicron di Indonesia terus bertambah. Bahkan terjadi transmisi lokal dan DKI Jakarta disebut sebagai klaster penularan.

Di dalam negeri, sudah ada lebih 700 kasus Covid-19 Omicron. Mayoritas berasal dari Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) dan ada juga yang berasal dari transmisi lokal.

"Transmisi lokal sudah terjadi dan DKI Jakarta menjadi klaster penularannya. Untuk itu perlu kita lakukan koordinasi dengan pemerintah daerah terkait pengetatan mobilitas dan juga dibarengi dengan penguatan protokol kesehatan, vaksin booster, dan fasilitas pelayanan kesehatan," kata Budi seperti dikutip dari siaran pers Kemenko Marves, Sabtu (15/1/2022).


Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono menyebutkan perlu adanya lagi pemberian paket obat Covid-19. Pemerintah segera menyiapkan obat-obat tersebut.

"Adanya paket obat ini ditujukan bagi orang yang tidak bergejala dan bergejala ringan, hal ini dimaksudkan untuk mengurangi angka hospitalization (rawat inap) di berbagai rumah sakit di Indonesia," ucap Dante.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Jenderal TNI (Purn.) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan Covid-19 Omicron memang menular sangat cepat, namun tidak parah. Ini berasal dari penelitian para ahli epidemiologi yang dia dapatkan."

"Walaupun terdapat angka kematian di beberapa negara namun jumlahnya cukup rendah dari varian ini. Walau begitu, kita mau agar lonjakan kasus konfirmasi ini bisa kita turunkan dan bagaimana upaya kita pasca lonjakan Omicron ini," jelas Luhut.


[Gambas:Video CNBC]

(npb/npb)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading