Mau jadi Ghazali Everyday, Ini Cara Bikin & Jual NFT

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
14 January 2022 13:05
David Hanson, left, creator of Sophia, shows a work of Sophia at his studio in Hong Kong on March 29, 2021. Sophia is a robot of many talents — she speaks, jokes, sings and even makes art. In March, she caused a stir in the art world when a digital work she created as part of a collaboration was sold at an auction for $688,888 in the form of a non-fungible token (NFT).WLD(AP Photo/Vincent Yu) Foto: Robot Sophia akan menawarkan karyanya di NFT (AP/Vincent Yu)

Jakarta, CNBC Indonesia - Nama Ghozali Everyday mendadak meghebohkan dunia maya saat foto selfienya terjual di nFT senilai miliaran rupiah. Namun sebenarnya semua orang juga bisa menjualkan koleksinya di platform NFT.

Ada cara mudah untuk membuat dan menjual NFT. Token digital ini bisa dibuat dari lukisan, foto, musik, video game, meme GIF, bahkan cuitan twitter. Namun perlu diingat untuk mengetahui NFT terlebih dulu sebelum terjun lebih dalam.

The Verge menuliskan tahapan pertama sebelum menjual adalah mengenal NFT. Token itu disimpan di Blockchain, namun tidak seperti uang kripto setiap NFT disebut unik dan bisa dijual, yang menjadi cara membuktikan kepemilikan atas file digital.


Langkah kedua menurut The Verge pastikan memang ingin menjual NFT. Ada sejumlah pertimbangkan untuk melakukannya, dari biaya transaksi hingga aspek lingkungan NFT.

Lalu langkah apa lagi untuk membuat dan menjual NFT? Berikut caranya, dirangkum dari The Verge, Jumat (14/1/2022):

Pilih Platform Menjual NFT

Ada banyak platform untuk menjual NFT di berbagai macam Blockchain. Misalnya OpenSea dan Rarible memungkinkan pengguna membuat NFT di Ethereum tanpa membayar alias gratis atau yang disebut pihak platform sebagai sistem lazy minting.

Dengan sistem itu, pengguna bisa membuat NFT dan memasang untuk dijual tanpa harus benar-benar ditulis ke Blockchain. Dengan begitu meghindari biaya transaksi.

Siapkan Dompet Digital (Wallet)

Wallet adalah aplikasi yang digunakan untuk menyimpan uang kripto. Termasuk NFT apapun yang dibuat atau dibeli.

Perlu diingat untuk menggunakan wallet yang kompatible dengan Blockchain. Sebagai contoh Dompet Metamask jadi salah satu wallet yang didukung secara luas pada aplikasi berbasis Ethereum seperti OpenSea dan Foundation.

Coinbase juga punya wallet sendiri yang bisa digunakan sebagai ekstensi atau aplikasi dan juga didukung oleh sebagian besar platform. Proses penyiapan kedua dompet sama.

Setelah mengunduh ekstensi browser atau aplikasi, klik tombol Create New Wallet, coinvase akan meminta nama pengguna. Kedua dompet akan meminta password.

Koneksikan Dompet Digital dengan Pasar NFT

Setelah wallet siap, hubungan dengan pasar NFT. Baik OpenSea dan Rarible bisa dilakukan dengan mudah, yakni menekan tombol Create, lalu akan terlihat daftar wallet yang kompatible.

Jika menginstall Metamask atau ekstensi Coinbase akan ada pop-up yang bertanya ingin menghubungkan wallet dan dilakukan dengan beberapa klik tombol.

Buat NFT

Berikutnya adalah langkah membuat NFT. Jika ingin membuat rangkaian NFT bisa menggunakan koleksi untuk melakukan, dan di Rarible bisa membuatnya langsung di layar pembuatan NFT.

Sementara untuk OpenSea, bisa masuk ke profil lalu menuju ke My Collections > Create a collection. Setelah menekan tombol Create maka akan ada laman item baru, klik kotak dengan ikon gambar untuk mengunggah file yang akan dijual sebagai NFT.

Setelah itu beri nama atau judul. Bisa juga menggunakan tautan eksternal untuk menambah URL yang merujuk seperti akun Twitter atau situs. Bisa juga tambahkan deskripsi untuk memberikan gambaran karya yang dijual.

Jika menjual karya seni di OpenSea, akan ada panel properti sebagai cara menambahkan informasi seperti media dan tahun.


[Gambas:Video CNBC]

(npb/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading