Vaksinasi Booster Dimulai Besok, Stok Vaksin Aman Pak Menkes?

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
11 January 2022 17:42
Infografis: Catat! Menkes: Vaksinasi Booster Dimulai 12 Januari 2022

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memastikan stok vaksin yang ada mumpuni untuk menunjang program vaskinasi booster yang menurut rencana akan dimulai besok. Kepastian itu disampaikan BGS, sapaan akrab Budi Gunadi Sadikin, dalam keterangan pers virtual, Selasa (11/1/2022).

"Pemerintah sendiri alhamdulillah sudah memiliki vaksin yang cukup baik yang berasal dari kontrak pengadaan vaksin tahun lalu delivery-nya akan tiba di awal tahun ini maupun juga karena adanya ada tambahan yang cukup signifikan vaksin donasi dunia baik melalui program kerja sama COVAX maupun kerja sama bilateral," ujarnya.

Menurut BGS, COVAX memberikan komitmen bantuan vaksin terhadap 20% populasi Indonesia. Ia pun menyebut komitmen bantuannya akan ditingkatkan menjadi 30% populasi Indonesia.

"Kira-kira setara vaksinasi 27 juta atau kira-kira setara 54 juta dosis vaksin gratis yang bisa diterima pemerintah total tahun lalu dan tahun ini," kata BGS.

Lebih lanjut, dia mengatakan, pemerintah memberikan vaksinasi booster dengan mempertimbangkan ketersediaan vaksin yang ada di tahun ini.

"Karena jenisnya berbeda dengan ketersediaan thn lalu, dan kita mempertimbangkan hasil riset yang peneliti-peneliti dalam negeri dan luar negeri," ujar BGS.



[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading