Trump Rilis Medsos Truth Social Bulan Depan, Mirip Twitter

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
07 January 2022 17:50
Former President Donald Trump throws 'Save America

Jakarta, CNBC Indonesia - Media sosial punya Donald Trump akan segera dirilis. Platform bernama Truth Social itu akan dirilis pada 21 Februari 2022 mendatang.

Ini diungkapkan Reuters berdasarkan daftar App Store milik Apple Inc. Truth Social akan tersedia pre-order sebelum hari peluncuran pada hari Presiden Amerika Serikat (AS), dikutip Jumat (7/1/2022).

Aplikasi ini disebut mirip Twitter. Yakni akan ada fitur mengikuti orang lain dan juga topik yang menjadi tren.


Reuters menuliskan baik Trump Media & Technology Group (TMTG) dan Apple tidak menanggapi permintaan berkomentar. Namun menurut sumber yang mengetahui hal tersebut mengonfirmasi tanggal peluncuran pada 21 Februari 2022 mendatang.

Peluncuran ini diharapkan menjadi bagian pertama dari tiga tahap pengembangan TMTG. Bagian kedua adalah layanan video-on-demand berlangganan bernama TMTG+, berisi hiburan, berita, dan podcast. Pada presentasi investor di bulan November, TMTG juga menunjukkan keinginan merilis jaringan podcast.

Peluncuran media sosial ini terjadi 13 bulan setelah sejumlah raksasa media sosial Meta Facebook dan Twitter melarang keberadaan mantan presiden Amerika Serikat (AS). Dia dituding mendorong pendukungnya melakukan serangan ke Gedung Capitol pada 6 Januari 2021.

Saat itu, serangan berdasarkan klaim tidak berdasar terkait pemilihan presiden AS tahun 2020 lalu.

Trump membatalkan konferensi pers dijadwalkan pada 6 Januari di Mar-a-Lago Florida, menjadi penanda satu tahun serangan Capitol. Dia dijadwalkan memberikan pidato pada rapat umum tanggal 15 Januari di Arizona.

Dalam peringatan serangan pada hari Kamis waktu setempat, Presiden Joe Biden mengatakan klaim palsu bisa mengurai supremasi hukum. Selain itu juga dapat merusak pemilihan umum negara itu di masa depan.

Sebagai informasi, TMTG memiliki nilai US$5,3 miliar berdasarkan harga saham Digital World Acquisition Corp. TMTG juga tercatat setuju bergabung dengan perusahaan cek kosong dengan nilai US$875 juta di bulan Oktober.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Medsos 'Made in' Trump


(npb/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading