HP Hilang, Bagaimana Nasib KTP Digital?

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
06 January 2022 14:12
Ilustrasi KTP

Jakarta, CNBC Indonesia - Penerapan KTP Digital menghadapi risiko saat masyarakat kehilangan smartphone tempat identitasnya tersimpan. Pihak Dukcapil Kementerian Dalam Negeri sudah melakukan mitigasi risiko ini.

Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri, Zudan Arif Fakrulloh mengatakan berdasarkan kajian ada risiko nomor ponsel hilang dan masyarakat yang mengganti nomor HP.

Dia menjelaskan masyarakat akan diberi PIN (Personal Identification Number) selain dengan QR Code. Konsep ini seperti bertransaksi melalui ATM bank.


"Penduduk diberi PIN. Konsep meniru ATM ada PIN, tapi bisa dengan QR Code," kata Zudan dalam program Profit CNBC Indonesia, Kamis (6/1/2021).

Masyarakat bisa memilih bisa menggunakan yang mana, jika mudah dengan PIN maka akan diberikan sesuai dengan pilihannya. Zudan juga mengingatkan PIN tidak boleh diberikan ke orang lain.

Dia menambahkan saat ponsel hilang, data digitalnya tidak akan bisa diakses oleh orang lain. Sebab sudah terkunci dengan PIN tersebut, atau nantinya juga ada opsi face recognition (teknologi pengenalan wajah) untuk membuka sistem.

Sistem ini menggunakan nomor ponsel yang didaftarkan kepada Dukcapil. Bagi mereka yang punya dua nomor, Zudan meminta memilih salah satunya untuk daftar.

Jika nomor HP diganti, maka masyarakat harus ke Dinas Dukcapil untuk mendaftarkan nomor baru. Zudan mengatakan semuanya bisa dilakukan dengan gratis.

"Harus ke Dukcapil mendaftarkan nomer HP yang digunakan untuk menyimpan digital ID. Semua gratis," jelas Zudan.

Dia menjelaskan sistem itu butuh kesadaran untuk bisa melindungi data pribadi masing-masing. Serta juga harus mendapatkan dukungan lembaga lain untuk bergerak ke layanan publik berbasis digital.

Dengan KTP digital ini, Zudan mengatakan akan lebih mudah dan simple. Misalnya tidak perlu mencetak lagi blanko KTP hingga menyimpan di dompet.

"Semangat memberikan kemudahan, tidak perlu fotocopy, cetak, menyimpan di dompet," ujarnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ini Bentuk KTP Digital yang Ada di HP Kamu


(npb/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading