Heboh Petinggi Meta Facebook Ramai-ramai Mundur, Ada Apa Nih?

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
31 December 2021 08:15
Woman holds smartphone with Facebook logo in front of a displayed Facebook's new rebrand logo Meta in this illustration picture taken October 28, 2021. REUTERS/Dado Ruvic/Illustration

Jakarta, CNBC Indonesia - Tahun 2021 mungkin jadi tonggak bersejarah untuk Facebook setelah mengganti nama menjadi Meta. Namun di sisi lain, tahun ini perusahaan juga harus kehilangan beberapa petingginya.

Banyak dari kalangan eksekutif yang resign atau mengumumkan akan pergi dalam beberapa bulan ke depan.


Mereka yang pergi beradal dari divisi kripto Novi hingga unit bisnis software Workplace. Namun tak jelas alasan eksodus besar-besaran tersebut.

Berikut ini beberapa pegawai Facebook yang akhirnya memilih meninggalkan perusahaan, dikutip CNBC Internasional, Jumat (31/12/2021):

1. Deborah Liu

Liu hengkang dari perusahaan pada Februari 2021. Sebelumnya dia menjabat sebagai kepala Facebook Marketplace dan saat ini menjadi CEO Ancentry.com.

2. David Fischer

Fischer resign bulan Maret dan terakhir menjabat sebagai chief revenue officer serta juga menjadi kepala bisnis periklanan. Dia memilih hengkang saat Facebook mengubah privasi di iOS Apple, yang menyulitkan perusahaan melakukan iklan dipersonalisasi.

3. Kevin Weil

Weil merupakan salah satu pendiri divisi kripto Novi Facebook. Dia akhirnya resign bulan Maret dan bekerja di perusahaan citra satelit Planet. Weil pernah menjadi wakil presiden produk Instagram, dan berperan penting dalam pengembangan fitur Stories.

4. Hugo Barra

Barra memutuskan hengkang pada bulan Mei dan meninggalkan jabatannya sebagai wakil presiden untuk virtual reality. Barra lalu menjadi CEO untuk startup pengujian Covid-19, Detect pada awal bulan ini. Sebelum di Facebook dia merupakan wakil presiden Xiaomi dan presiden manajemen produk Android di Google.

5. Caroly Everson

Dia resign di bulan Juni dari posiitnya sebagai sebagai wakil presiden grup bisnis global. Pada bulan Agustus, Everson bergabung dengan Instacart, menjabat sebagai presiden pengiriman bahan makanan, namun dia hanya bertahan tiga bulan dari jabatan barunya itu.

6. Fidji Simo

Simo meninggalkan jabatannya sebagai pemimpin aplikasi Facebook, akhirnya pergi dari Facebook pada bulan Juli. Berikutnya dia menjabat CEO Instacart. Dia merupakan salah satu eksekutif wanita terkemuka di Facebook dan bekerja selama satu dekade di perusahaan tersebut. Simo berperan penting pada konten video di Facebook, misalnya memutar video otomatis, live streaming dan Fcebook Watch.

7. Mike Verdu

Dia resign bulan Juli dari jabatan wakil presiden konten augmented dan virtual reality Facebook. Setelah itu dia bekerja di Netflix sebagai wakil presiden pengembangan game.

Verdu bekerja selama dua tahun di Facebook, di mana dia mengerjakan konten headset Oculus VR. Selain itu dia pernah bekerja sebagai senior vice president untuk Electronic Arts.

8. Mark D'Arcy

Dia pernah bekerja sebagai chief creative officer mengundurkan diri pada Agustus. D'Arcy telah bekerja di Facebook selama 10 tahun.

9. Samidh Chakrabarti

Dia memutuskan resign dari jabatannya sebagai kepala integritas sipil Facebook pada September. Di Facebook dia bekerja untuk memastikan layanan aman untuk keterlibatan sipil.

10. Mike Schroepfer

Dia memutuskan pergi dari perusahaan pada bulan September. Dia meninggalkan positinya sebagai chief technology officer pada 2022 mendatang dan kedepannya bekerja secara part time senior fellow, ini untuk membantu perusahaan merekrut dan mengembangkan bakat teknis. Selain itu Schroepfer akan membantu proyek perusahaan untuk kecerdasan buatan.

11. Brandon Silverman

Silverman resign di bulan Oktober setelah bekerja 5 tahun di Facebook. Dia adalah pendiri dan mantan CEO CrowdTangle, yang diakuisisi Facebook. sebagai informasi,
CrowdTangle merupakan alat analisis untuk melacak unggahan populer di Facebook.

12. David Marcus

Marcus menjabat kepala kripto Facebook dan akan pergi pada akhir tahun ini. Dia bekerja di Facebook sejak Agustus 2014, setelah dua tahun menjadi presiden Paypal.

13. Julien Codorniu

Codorniu yang merupakan kepala software Workplace, mengatakan pada awal Desember akan bergabung dengan firma ventura Felix Capital. Dia telah memimpin Workplace sejak pertama kali diluncurkan 2016 dan bekerja di Facebook selama lima tahun sebelumnya.

14. Stan Chudnovsky

Kepala divisi Messenger juga hengkang di bulan ini dan akan pergi pada kuartal kedua tahun 2022. Chudnovsky bekerja di Facebook sejak 2015 dan pernah menjadi kepala produk untuk unit Messenger.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Detik-detik Facebook Ganti Nama Menjadi Meta


(npb/npb)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading