Whatsapp Rilis Aturan Baru, Awas Kamu Bisa Diblokir!

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
31 December 2021 06:30
FILE PHOTO: A man poses with a smartphone in front of displayed Whatsapp logo in this illustration September 14, 2017. REUTERS/Dado Ruvic/File Photo

Jakarta, CNBC Indonesia - WhatsApp punya aturan yang bisa membuat pengguna diblokir dari platform. Ini jika pengguna menggunakan aplikasi WhatsApp yang dimodifikasi.

Berdasarkan aturan, WhatsApp akan menindak tegas yang menggunakan aplikasi modifikasi seperti GB WhatsApp, WhatsApp Plus, YoWhatsApp, hingga FM WhatsApp.


WhatsApp akan memblokir sementara mereka yang menggunakan aplikasi tersebut. Menurut perusahaan, mereka tidak mendukung aplikasi piihak ketiga tersebut.

"Jika Anda menerima pesan dalam aplikasi yang menyatakan bahwa akun Anda "Diblokir sementara", ini berarti Anda mungkin menggunakan versi WhatsApp yang tidak didukung dan bukan aplikasi WhatsApp resmi," tulis WhatsApp, dikutip Jumat (31/12/2021).

WhatsApp menjelaskan aplikasi modifikasi itu bukan dikembangkan oleh WhatsApp maupun Facebook yang kini bernama Meta.

Aplikasi pihak ketiga itu melanggar Ketentuan Layanan dari WhatsApp. "WhatsApp tidak mendukung aplikasi pihak ketiga ini karena kami tidak dapat memvalidasi praktik keamanannya," ungkap WhatsApp.

Berikut daftar aplikasi WhatsApp modifikasi:

1. GB WhatsApp

GB WhatsApp memiliki fitur seperti menggunakan dua akun dalam satu perangkat. Selain itu juga punya fitur seperti tanda pesan telah dibaca, mengirim gambar dengan resolusi tinggi, fitur balasan pesan otomatis dan banyak karakter untuk pembaruan status.

2. YoWhatsApp

Aplikasi dikembangkan oleh Yousef Al-Basha lalu berikutnya dilakukan Fouad Modad yang juga mengembangkan FM WhatsApp. Beberapa fitur yang ditawarkan seperti tiga akun sekaligus dari satu aplikasi, pengiriman gambar berukuran 100 MB dan fitur tidak menampilkan status online.

3. WhatsApp Plus

WhatsApp Plus memiliki fitur bisa mengganti warna, huruf hingga tema WhatsApp. Fitur juga bisa mematikan panggilan suara dan menyembunyikan gambar profil, memiliki 4 akun sekaligus dan pesan yang dikirim.

Menurut LifeWire, WhatsApp Plus tidak aman sebab diinstall dengan cara yang rumit dan tidak resmi karena bisa berhenti apapun.

4. Blue WhatsApp

Blue WhatsApp punya modifikasi warna dan tema aplikasi. Ada juga fitur seperti chat yang bisa dihapus dan mencegah pesan dihapus. Ada juga pemberitahuan jika ada akun yang menghapus pesan.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Bahaya Mengintai Pakai WhatsApp FM & Yo WhatsApp di HP


(npb/npb)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading