Apa Itu Others, Biang Kerok HP Android Lemot & Cara Mengatasi

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
28 December 2021 14:20
INFOGRAFIS, Tips Ampuh Atasi HP Android Lemot

Jakarta, CNBC Indonesia - Beberapa vendor smartphone Android kini menawarkan storage internal (penyimpanan) yang cukup besar. Meski begitu masih ditemukan keluhan pengguna gadget yang dipakai lemot atau lambat.

Hal ini dikarenakan banyaknya aplikasi yang dipakai oleh pengguna smartphone. Ini akan mengkonsumsi banyak storage internal. Ada juga kemungkinan berhubungan dengan Others.

Seperti diketahui dalam beberapa tahun terakhir manajemen file pada smartphone membagi data dalam beberapa kategori seperti Games, Gambar, video, Aplikasi dan Dokumen. Kemudian ada Others.


Dalam storage internal Android, Others merupakan file data yang tidak masuk dalam kategori data yang disiapkan oleh manajemen file smartphone. Other juga menghabiskan storage internal smartphone.

Mengutip situs fillwill, Selasa (28/12/2021), ada beberapa file data dimasukkan ke dalam Others:

1. Data aplikasi pribadi

Data aplikasi pribadi dilaporkan mungkin sebagai penyebab paling umum dari penuhnya file data Others. Data itu mencakup file unduhan, patch OTA yang gagal, file cadangan server, dan banyak lagi.

Hal lainnya seperti aplikasi streaming yang terkadang tidak berfungsi dan lupa menghapus data cache, juga berpotensi memenuhi ruang penyimpanan ponsel Android.

2. Kegagalan cadangan

Google dan layanan cloud lainnya mengizinkan pengguna untuk melakukan pencadangan data yang dimiliki. Salah satu tujuannya untuk mengamankan data yang dimiliki jika terhapus.

Namun terkadang pencadangan data tersebut tidak berhasil. Sebagian data yang berhasil dicadangkan ini akan dimasukkan ke Others.

3. Data Sementara dan Cache

Halaman web, aplikasi, dan permainan pengguna selalu terhubung ke web, mengunduh data dalam jumlah besar dalam format teks, gambar, dan video.

Biasanya Android membuat data-data yang tidak diperlukan dari proses tersebut dibersihkan oleh sistem. Namun terkadang data-data tersebut disimpan oleh sistem jika pengguna tidak menghapus konten.

Jika pengguna memeriksa manajemen penyimpanan di bagian Pengaturan, masing-masing temporary data dan data cache ini akan muncul sebagai 'Others'.

Cara Membersihkan Others

Kamu dapat membersihkan data-data yang termasuk dalam kategori Others secara langsung dari perangkat. Berikut caranya:

  1. Buka Pengaturan (Settings). Kemudian pilih Storage.
  2. Temukan dan pilih file 'Others'
  3. Klik Clean Up

Untuk melakukan pembersihan, pengguna smartphone Android bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yang tersedia di Google Play Store.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Jutaan Ponsel Tak Bisa Lagi Pakai WhatsApp, HP Kamu Bukan?


(npb/roy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading