Ngeri! Penipuan di Dunia Cryptocurrency Capai Rp107 T di 2021

Tech - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
24 December 2021 11:20
Infografis: Aksi Tipu-tipu di Dunia Kripto Paling Gempar di Dunia

Jakarta, CNBC Indonesia - Laporan terbaru dari firma riset, Chainalysis mengungkapkan bahwa penipuan di dunia cryptocurrency telah menghasilkan lebih dari US$ 7,7 miliar atau Rp 107 triliun dari investor sepanjang tahun 2021 ini.

Secara total, penipuan kripto naik 81 persen dibanding tahun 2020. Bentuk penipuan yang paling umum adalah peretasan akun dan penipuan proyek aset kripto yang melarikan diri dengan uang investor.

Untuk menghindari peretasan dan penipuan diindustri aset kripto, Tokocrypto juga mewajibkan pakai 2FA SMS dan Google Authenticator sebagai pelapis keamanan ganda.

Google Authenticator punya banyak kelebihan, karena lebih aman dari peretasan. Sistem keamanannya terenkripsi, tidak tergantung jaringan pihak ketiga, praktis dan kompatibel untuk seluruh sistem operasi smartphone.

"Verifikasi dua langkah yang dilengkapi dengan Google Authenticator akan jauh lebih aman. Selain lebih aman daripada SMS, aplikasi autentikasi lebih cepat tanpa bergantung dengan sinyal dan operator seluler," ungkap Rieka Handayani, VP Corporate Communication Tokocrypto.

Tokocrypto sendiri telah mengantongi sertifikat ISO 27017 yang merupakan standar guna membuat layanan berbasis cloud yang lebih aman dan mengurangi resiko terkait masalah keamanan. Sebelumnya, Tokocrypto juga telah berhasil meraih ISO 27001.

Infografis: Aksi Tipu-tipu di Dunia Kripto Paling Gempar di DuniaFoto: Infografis/Aksi Tipu-tipu di Dunia Kripto Paling Gempar di Dunia/Arie Pratama

Bursa Kripto Indonesia

Sektor investasi aset kripto di Indonesia akan kembali bergeliat dan memasuki babak baru. Jika tidak ada halangan, pemerintah dalam hal ini Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI) akan meluncurkan bursa kripto paling lambat awal tahun 2022.

Bagaimana efek dari industri investasi aset kripto sendiri?

Ketua Asprakindo, yang juga COO Tokocrypto, Teguh Kurniawan Harmanda, mengatakan memang saat ini bisa kita lihat bahwa aset kripto bertumbuh secara positif. Dengan pertumbuhan yang cukup masif ini, salah satu yang ditargetkan adalah hadirnya bursa kripto di Indonesia.

"Kami sangat mendukung hal ini karena dengan adanya bursa kripto akan sangat membantu meningkatkan kepercayaan investor untuk berinvestasi di aset kripto serta menciptakan iklim ekosistem aset kripto yang matang. Di sisi lain, ini menunjukkan bahwa aset kripto menjadi salah satu instrumen investasi yang diakui dan potensial bagi pemerintah," kata pria yang akrab disapa Manda, Kamis (23/12).

Layaknya bursa saham, bursa kripto akan menjadi pasar, di mana aset-aset kripto ditransaksikan. Masyarakat punya lebih banyak pilihan untuk menginvestasikan dananya, tak sebatas pada instrumen investasi konvensional, seperti saham, reksa dana, obligasi, emas, dan properti.



[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Dear Investor, Nabung Kripto USDT & USDC Bisa Lewat Pintu


(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading