Robot Bakal Ambil Alih Pekerjaan Manusia, Benarkah?

Tech - Novina Putri, CNBC Indonesia
23 December 2021 18:08
INFOGRAFIS, Sederet Profesi yang Bisa Diganti Robot

Jakarta, CNBC Indonesia - Dengan kemajuan teknologi dan pengembangan robot atau Artificial Intelligence yang makin masif, banyak yang bertanya apakah aktivitas manusia bakal tergantikan dengan teknologi tersebut. Tapi benarkah demikian?

Dalam laporan World Economic Forum, robot, otomasi dan AI akan bisa menggantikan pekerjaan manusia. Jumlahnya tak main-main yakni 85 juta pada 2025 mendatang.

Salah satu pekerjaan yang terancam digantikan adalah PNS, misalnya saat pengurusan KTP dan urusan terkait Samsat. Tren kendaraan otonom juga membuat pekerjaan supir terancam digantikan mesin.


Pekerjaan lain yang akan digantikan robot adalah pengumpul indomasi, analis dan peneliti. Selain itu, self checkout yang ditetapkan oleh beberapa toko membuat posisi manusia dibalik mesin kasir juga menjadi terancam.

Industri perbankan kemungkinan mengalami hal yang sama. Posisi yang mungkin tergeser adalah teller dan pegawai bank.

Ini mungkin sudah kita rasakan saat ini, karena ada aplikasi e-banking membuat orang bertransaksi lewat gadget. Bukan lagi pergi ke salah satu cabang dan bertemu dengan pegawai bank.

Pekerjaan Yang Tetap Aman
Meski ada pekerjaan yang hilang atau digeser oleh robot, namun ada sisi lain dari tren tersebut. Akan ada pekerjaan baru yang muncul karena perubahan tersebut, yakni menciptakan 97 juta pekerjaan baru di masa depan.

Elon Musk sempat angkat bicara soal perkembangan teknologi AI. Namun dia mengatakan ada beberapa pekerjaan yang masih aman meskipun AI terus berkembangan.

Salah satu yang akan punya masa depan cerah adalah pekerjaan yang terkait dengan software dan AI itu sendiri. Elon Musk menyebut pekerjaan yang aman adalah para pembuat software atau program AI dan yang melibatkan partisipasi atau rekayasa orang, dikutip dari BGR.

Mengutip Ian Ferguson di Lynx Software Technologies, robot punya kekuatan unik dan tidak pernah dikalahkan manusia. Salah satunya robot bisa diprogram jadi kuat, tepat dan cepat, serta tidak punya emosi ataupun merasa kuat.

Laman Dataversity menuliskan, namun ada yang tidak bisa dipenuhi robot misalnya kemanusiaan. Beberapa pekerjaan butuh panca indera manusia, yakni penglihatan, suara, penciuman, rasa dan sentuhan.

Seperti mengajar, mungkin bisa digantikan robot namun bagian kemanusiaan masih akan diperlukan untuk terhubung dengan para siswa.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Siapkan Diri dari Sekarang, Profesi Ini Bakal Diganti Robot


(npb/npb)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading