Waspada! Ini Cara Mudah Temukan Kamera Tersembunyi di Hotel

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
23 December 2021 12:50
Lafayette Boutique Hotel yang Disita Kejagung (Ist Kejagung)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kita selalu berkeinginan untuk bisa bersenang-senang saat sedang berlibur. Namun sayangnya bisa saja kita tertimpa kemalangan saat berlibur, misalnya menjadi korban kamera tersembunyi.

Ada banyak kasus dimana ditemukan kamera tersembunyi di kamar penginapan yang ditempati.

Sebagai antisipasi, ada cara untuk menemukan kamera tersembunyi di kamar penginapan. Dengan begitu bisa menjauhkan dari tindak kejahatan yang diinginkan.


Berikut beberapa caranya, dikutip dari Reader's Digest, Kamis (23/12/2021):

1. Pindai Ruangan

Saat masuk ke ruangan, pindailah kamar menginap untuk mencari kamera tersembunyi. Misalnya dari perabotan atau peralatan yang diletakkan di tempat tidak biasa, seperti lampu yang tampak miring ke arah tempat tidur.

Awasi juga lubang kecil yang bisa jadi tempat kamera tersembunyi. Kamu juga bisa mencarinya dengan matikan lampu dan sorotkan senter ke seluruh bagian ruang untuk mencari kilatan lensa kamera.

2. Alat Untuk Temukan Kamera Tersembunyi

Direktur Pelaksana Layanan Teknis di TrustedSec, Paul Koblitz mengatakan untuk menemukan kamera tersembunyi bisa menggunakan alat lain seperti ponsel atau perangkay pemindai.

Dia juga merekomendasikan menggunakan detektor bug anti-spy untuk memberitahu sinyal dari kamera tersembunyi hingga GPS.

3. Ponsel Terhubung dengan Wifi

Untuk mencari kamera tersembunyi, bisa dengan menghubungkan Wifi dan buka aplikasi pemindai jaringan seperti Fing. Pada pengguna Android, bisa ketuk Refresh untuk mulai scan, dan aplikasi di iPhone akan otomatis memulai scanning.

Saat sudah selesai, aplikasi akan memperlihatkan daftar perangkat dengan produsen kamera seperti Nest, Arlo, atau Wyze, atau alamat IP dengan terdaftar seperti 'Kamera IP'.

4. Tempat Kamera Tersembunyi

Koblitz menyebut butuh tiga hal untuk menyembunyikan kamera yakni garis pandang, daya yang andal dan koneksi jaringan atau penyimpanan perangkat internal. "Karena itu, kamera biasanya disembunyikan di tempat yang bisa menyembunyikan perangkat dan kabel yang diperlukan," ungkapnya.

Tempat yang umum jadi persembunyian adalah lampu, adaptor daya, stop kontak atau penutup sakelar lampu, detektor asap, termostat, ventilasi, telepon, jam alarm, TV, DVD atau konsol video game dan perabotan stasioner seperti meja, cermin, dan bingkai foto.


[Gambas:Video CNBC]

(npb/npb)
Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Features
    spinner loading