Sambut Nataru, Telkomsel Optimalisasi Jaringan & Layanan

Tech - Khoirul Anam, CNBC Indonesia
21 December 2021 17:28
Sambut Nataru, Telkomsel Optimalisasikan Jaringan & Layanan

Jakarta, CNBC Indonesia - Menyambut momen Hari Raya Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, Telkomsel melakukan pengamanan kapasitas dan kualitas jaringan broadband. Untuk mengantisipasi lonjakan trafik komunikasi selama momen Nataru, Telkomsel melakukan optimalisasi jaringan, khususnya konektivitas broadband 4G/LTE di 471 Point of Interest (POI) yang tersebar di Indonesia.

Perusahaan juga menjamin ketersediaan produk dan layanan unggulan, program loyalitas pelanggan, ragam pilihan platform dan layanan digital terdepan, serta berbagi untuk sesama.

Direktur Network Telkomsel Nugroho mengatakan, pada momen Nataru Telkomsel konsisten untuk #BukaSemuaPeluang melalui optimalisasi infrastruktur jaringan broadband agar pengguna bisa terhubung pengalaman digital walau dalam keterbatasan mobilitas.


"Kami juga telah melakukan peningkatan layanan pelanggan, serta menghadirkan program berbagi kebaikan dengan semangat #YangKitaBisa kepada masyarakat membutuhkan, melalui program tanggung jawab perusahaan di momen Natal 2021. Kami ingin terus dapat membuka lebih banyak harapan dalam menyambut Tahun Baru 2022 dengan mendorong komitmen #TerusNyalakanSemangat dalam mendukung pelanggan dalam menyongsong optimisme kebangkitan di tahun depan," kata Nugroho dalam keterangan tertulis, Selasa (21/12/2021).

Adapun POI Telkomsel mencakup 124 area residensial, 266 area spesial (alun-alun dan pusat perbelanjaan), 5 rumah sakit utama penanganan COVID-19, 6 tempat ibadah. Kemudian ada 70 titik strategis utama lainnya di tiap provinsi meliputi titik jalur distribusi logistik seperti bandara, pelabuhan, stasiun, jalan raya utama, rest area, serta fasilitas umum lainnya.

Telkomsel memproyeksikan trafik layanan data (payload) pada momen perayaan Natal 2021 akan mengalami peningkatan sebesar 8,38%. Kemudian pada malam Tahun Baru 2022 melonjak hingga 15,08%, dengan total payload diprediksi mencapai 45.877 TB.

Prediksi tersebut juga didorong pada tren perubahan perilaku pelanggan selama masa pandemi, dan meningkatnya akses layanan digital untuk kebutuhan keseharian.

Akses media sosial diprediksi tumbuh sekira 23,42%, layanan komunikasi seperti instant messaging dan video conference melonjak 27,83%, layanan streaming video meningkat sekira 27.44%, layanan mobile gaming melonjak hingga 18,17%, akses browsing naik 27,92%, serta akses layanan e-commerce yang juga tumbuh sekira 67,29%.

Sedangkan untuk trafik pada layanan SMS, Telkomsel memprediksi akan terjadi pertumbuhan sebesar 3,25%, dan layanan panggilan suara diproyeksi akan turun 4,5%.

Sementara itu, dalam melakukan upaya penguatan kualitas dan kapasitas hingga cakupan jaringan di POI yang telah ditentukan, Telkomsel mengoperasikan lebih dari 132.000 unit BTS 4G/LTE baru dengan tambahan 53 unit Compact Mobile BTS (COMBAT). Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kapasitas gateway internet menjadi 7.262 Gbps, hingga memperkuat lebih dari 2.300 BTS USO berteknologi 4G/LTE di wilayah 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar), dan perbatasan negara.

Nugroho menyebutkan sudah ada lebih dari 247.000 BTS Telkomsel yang sudah beroperasi melayani lebih dari 95% wilayah populasi di seluruh pelosok negeri.

"Telkomsel secara bertahap dan terukur juga terus mengembangkan jaringan 5G, yang kini telah dapat dinikmati di sejumlah titik tertentu di wilayah DKI Jakarta (Pondok Indah, Widya Chandra, Pantai Indah Kapuk, Kelapa Gading, Menteng, dan kawasan Monas) Banten (BSD dan Alam Sutera), Bandung, Solo, Surabaya, Medan, Batam, Makassar, Balikpapan, dan Bali," pungkas Nugroho.

Selain itu, cakupan jaringan VoLTE Telkomsel kini telah dapat dinikmati pelanggan di 320 kabupaten/kota yang tersebar di Indonesia. Telkomsel juga memperluas kolaborasi bersama mitra gawai untuk mendukung layanan teknologi VoLTE dan dapat dinikmati di lebih dari 100 tipe smartphone.

Nugroho menyebutkan Telkomsel telah menjalankan uji jaringan dengan total jarak tempuh mencapai 13.503 km, yang juga mencakup 31 ruas tol. Uji jaringan ini termasuk beberapa yang baru beroperasi di wilayah Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, hingga Papua, yang memberikan hasil "baik" dan siap menyambut momen natal dan tahun baru.

Selain memperkuat jaringan, Telkomsel juga menjamin ketersediaan produk dan layanan yang customer-centric bagi pelanggan dengan memperkuat sinergi bersama para mitra strategis. Seluruh layanan walk-in GraPARI juga tetap beroperasi normal dengan penerapan protokol kesehatan serta penyesuaian jam operasional dengan status Pemberlakuan Pembatasan Aktivitas Masyarakat (PPKM) di tiap wilayah.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Sales Telkomsel Adiwinahyu Basuki Sigit mengatakan, Nataru merupakan perayaan yang diharapkan menjadi momen bahagia oleh seluruh masyarakat Indonesia.

"Dengan mengusung tema #TerusNyalakanSemangat, kami berupaya memenuhi ekspektasi dan harapan tersebut dengan memastikan ketersediaan produk dan layanan yang berfokus pada kebutuhan aktivitas digital pelanggan yang didukung channel layanan pelanggan berbasis digital," kata dia.

Sigit menyebutkan, Telkomsel telah mengoptimalkan seluruh channel layanan digital untuk pelanggan. Pelayanan digital tersebut dapat diakses melalui saluran komunikasi di akun media sosial Twitter @Telkomsel, layanan email customer care, layanan asisten virtual seperti melalui di aplikasi MyTelkomsel dan situs www.telkomsel.com, instant messaging, serta layanan call center yang beroperasi 24 jam.

Sigit menambahkan, Telkomsel juga menghadirkan berbagai program serta promo spesial melalui layanan hiburan digital seperti MAXstream untuk platform marketplace konten video on-demand (VoD), serta mengoptimalkan platform Dunia Games dengan berbagai penawaran paket gaming dengan harga terjangkau.

Selain itu, Telkomsel juga menggelar rangkaian program yang difokuskan untuk memberikan bantuan modal, paket sembako dan suplemen, serta donasi yang terdiri dari anak yatim piatu terdampak pandemi, masyarakat kurang mampu dalam kondisi sakit, pemilik usaha kecil terdampak pandemi, tenaga kesehatan, serta pengelola tempat ibadah dan yayasan.

"Semangat berbagi yang terus diimplementasikan oleh Telkomsel merupakan bentuk upaya kami dalam menjaga semangat, harapan, dan optimisme seluruh masyarakat yang telah berjuang dalam melewati situasi yang masih menantang di tahun ini. Sebagai bagian dari bangsa ini, kami akan terus mengajak masyarakat untuk tetap menghadirkan semangat kebangkitan, bergotong royong, serta terus bergerak maju bersama-sama menyongsong masa depan dengan membuka peluang kemajuan menjadi lebih baik," kata Nugroho.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Perkuat Ekosistem Digital, Telkomsel Gelar Tinc Batch 7


(rah/rah)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading