Vaksin Nusantara Disiapkan Jadi Booster Vaksin Covid-19

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
21 December 2021 11:15
Infografis, Kontroversi Vaksin Nusantara

Jakarta, CNBC Indonesia - Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KCP-PEN) Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah akan menyuntikkan vaksin booster Covid-19 kepada masyarakat. Salah satu yang disiapkan adalah vaksin Nusantara yang diinisiasi oleh Terawan Putranto.

Untuk menjalankan program ini pemerintah akan melakukan revisi peraturan presiden (perpres) dan peraturan kementerian kesehatan (permenkes) secepatnya.

Airlangga menambahkan berdasarkan arahan Presiden Joko Widodo, vaksin merah putih, vaksin yang dikembangkan oleh BUMN dan Baylor College of Medicine AS serta vaksin kerja sama dalam negeri termasuk kerja sama Universitas Airlangga dengan Biotis Pharmaceutical, Kalbe Farma dengan Genexinehingga vaksin Nusantara.


"Vaksin kerja sama dalam negeri termasuk termasuk yang masuk dalam program Merah Putih adalah Unair dan PT Biotis, kemudian Biofarma dan Baylor College, Kalbe Farma-Genexine, dan PT Jakarta Bio Pharmaceutical Industry (JBio)-Zivifax, Anhui, plus vaksin Nusantara," kata Airlangga dalam konferensi pers PPKM, dikutip Selasa (21/12/2021).

Informasi saja, vaksin Nusantara diinisiasi oleh mantan Menteri Kesehatan Terawan Putranto. Vaksin ini berada dalam pengawasan Kementerian Kesehatan bukan Badan Pengawas Obat-obatan dan Makanan (BPOM). Vaksin ini sudah menuntaskan uji klinis fase II.

Vaksin ini berbasis sel dendritik yang digunakan untuk pengobatan penyakit kanker. BPOM menolak pengembangan vaksin ini karena dianggap tidak memenuhi standar pengembangan vaksin yang lazim dilakukan.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Duh, Relawan Vaksin Terawan Belum Bisa Pakai PeduliLindungi


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading