Hati-hati Penipuan Online Berkedok Film Spiderman Terbaru

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
17 December 2021 18:05
Ilustrasi peretasan jaringan internet

Jakarta, CNBC Indonesia - Spider-man kembali menyapa para penggemarnya lewat film terbaru berjudul Spider-man: No Way Home. Jika kamu salah satu penggemar patut berhati-hati sebab ada penipuan di dunia maya menggunakan kepopuleran karakter tersebut.

Para peneliti Kaspersky mengamati aktivitas dari para penipu online jelang pemutaran perdana film tersebut. Ternyata banyak ditemukan situs web phishing yang dibuat untuk mencuri detail data bank pengguna.

Para pengguna akan diminta melakukan pendaftaran dan memasukkan informasi kartu kredit sebagai syarat bisa menonton film tersebut. Sayangnya itu adalah modus pelaku, karena uang akan diambil dan data pembayaran dikumpulkan oleh mereka. Pastinya tiket penayangan perdana juga tidak ada.


Untuk menarik para korbannya di laman phishing. Kaspersky mengatakan pelaku akan menarik dengan poster film asli atau menampilkan fara aktor yang pernah memerankan Spider-man.

Selain berusaha untuk menawarkan tiket pemutaran perdana, para penggemar Spider-man juga ditawari mengunduh film terbaru itu. Namun perlu diingat ternyata file berbahaya.

Peneliti Kaspersky mengatakan Downloaders dapat menginstall program lain yang tidak diinginkan. Ada juga Adware hingga Trojan yang bisa membuat pelaku mengumpulkan informasi, mengubah data atau mengganggu kinerja komputer.

Tatyana Shcherbakova, pakar keamanan Kaspersky mengatakan dengan ekspektasi penggemar bisa dimanfaatkan oleh pelaku kejahatan siber. Penonton kemungkinan ingin cepat menonton dan melupakan untuk waspada pada kejahatan siber.

"Melupakan kewaspadaan siber, penonton terburu-buru untuk mengetahui rahasia film perdana, dan penipu online menggunakan fanart dan potongan trailer sebagai umpan untuk membuat korban mengunduh file berbahaya serta memasukkan detail perbankan. Kami mendorong pengguna untuk waspada terhadap halaman yang mereka kunjungi dan tidak mengunduh file dari situs yang belum diverifikasi," jelasnya, dikutip dari pernyataan resmi Kaspersky, Jumat (17/12/2021). 

Kaspersky juga memperingatkan para penonton untuk menghindar dari kejahatan siber yang berkedok film atau serial TV, berikut beberapa tipsnya:

  • Hindari link yang menjanjikan penayangan awal film atau serial TV.
  • Periksa keaslian situs web sebelum memasukkan informasi pribadi. Selain itu juga hanya menggunakan laman web resmi dan terpercaya untuk menonton dan download film.
  • Perhatikan ekstensi file yang diunduh, sebab tidak akan pernah memiliki ekstensi .exe atau .msi.
  • Gunakan solusi keamanan.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Waspada Eavesdropping, WhatsApp Disadap dari Grup Video Call


(npb/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading