Cerita Jokowi Dapat Bisikan Zuckerberg Soal Metaverse, Simak!

Tech - Monica Wareza, CNBC Indonesia
15 December 2021 10:58
Presiden Joko Wiodo dalam acara Akselerasi Generasi Digital (Tangkapan Layar via Youtube KEMENTERIAN BUMN RI)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenang pertemuannya dengan pendiri Meta Mark Zuckerberg di kantor Facebook di Menlo Park, California, AS, Rabu (17/2/2016) lalu. Dalam pertemuan itu, Jokowi diajak bermain tenis meja alias pingpong oleh Zuckerberg dengan menggunakan oculus.
Di sela-sela bermain virtual reality (VR) itu, Jokowi mendapat pesan dari Zuckerberg.

"Dia memberi tahu ke saya, Presiden Jokowi ini nanti 10-15 tahun lagi akan muncul seperti kita main pingpong ini. Setiap orang nanti bisa beli lahan virtual, bisa bangun bisnis virtualnya sendiri dan juga akan ada mall virtual, gym virtual, kantor virtual, wisata virtual," katanya menceritakan pesan Zuckerberg dalam peresmian Gerakan Akselerasi Generasi Digital di Jakarta Convention Center, Rabu (15/12/2021).

"Saya saat itu belum bisa membayangkan seperti apa sebetulnya. Tapi sekarang saya bisa ngerti betul bahwa kemajuan digital ini tidak bisa kita cegah lagi dan sudah masuk ke tadi yang saya sampaikan," lanjutnya.

Menurut Jokowi, perusahaan-perusahaan besar dunia macam Meta hingga Microsoft berlomba-lomba membangun metaverse.

"Sehingga perlu disiapkan strategi negara kita, negara kita perlu menyiapkan sebuah strategi agar kita tidak tertinggal jauh oleh negara lain," katanya.

Oleh karena itu, Jokowi menyampaikan kepada para menteri bahwa waktu Indonesia tidak banyak untuk bisa mengejar ketertinggalan itu.

"Negara ini akan maju kalau kita bisa melompat dan waktunya hanya dua tahun," ujar Jokowi.



[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Telkom Siap Pacu Gerakan Akselerasi Generasi Digital


(miq/miq)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading