Aplikasi Radar Cuaca Ini Bisa Lihat Langsung Awan Hujan Badai

Tech - Tim, CNBC Indonesia
10 December 2021 17:20
Hujan Deras Guyur Ibukota, Hutama Karya Pastikan Tol JORR Seksi S Aman Dilalui Oleh Pengguna Jalan

Jakarta, CNBC Indonesia - Memasuki bulan-bulan musim hujan, Anda harus bersiap dan mewaspadai curah hujan yang tinggi hingga gelombang tinggi di beberapa wilayah perairan Indonesia.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) juga mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada terhadap potensi terjadinya curah hujan di atas normal hingga kemungkinan terjadi badai.

Aplikasi Radar Cuaca


Untuk menambah kewaspadaan masyarakat dengan cuaca ekstrim, Anda bisa memantau cuaca secara live melalui aplikasi weather radar atau radar cuaca. Berikut adalah beberapa aplikasi weather radar yang bisa Anda gunakan, dilengkapi dengan fitur perkiraan cuaca.

1. Weather Radar

Aplikasi weather radar memiliki perkiraan cuaca yang cukup akurat. Aplikasi ini bisa menunjukkan cuaca secara real time dengan peta radar dan dilengkapi dengan menyediakan peringatan atau notifikasi jika terjadi cuaca buruk.

Anda bisa mendapatkan informasi mengenai informasi detail cuaca harian, jam, dan mendeteksi perkiraan hujan, badai serta gelombang secara akurat. Aplikasi ini bisa diunduh melalui Google Play Store secara gratis.

2. Rain Viewer

Selanjutnya ada aplikasi Rain Viewer yang bisa membantu untuk menunjukkan perkiraan cuaca, seperti hujan, badai, serta salju di peta radar live. Aplikasi ini memiliki fitur untuk memantau pergerakan badai dalam 90 menit ke depan.

Keunggulan lainnya dari aplikasi ini adalah dapat memperkirakan cuaca selama 24 jam dan 7 hari yang ditampilkan melalui grafik. Terdapat juga notifikasi hujan dan pengguna bisa membaginya dengan kerabat lain melalui berbagai media sosial.

3. Info BMKG

Aplikasi info BMKG dirilis oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang bisa diunduh melalui Google Play Store dan App Store. Selain perkiraan cuaca, Anda bisa membaca terkait informasi mengenai kualitas udara, gempa bumi hingga kejadian kebakaran hutan.

4. Windy Official App

Jika Anda merencanakan perjalanan jauh, jangan lupa untuk memastikan perkiraan cuaca agar perjalanan terasa lebih baik. Anda bisa menggunakan aplikasi Windy yang merupakan salah satu aplikasi perkiraan cuaca terbaik.

Aplikasi ini memiliki model perkiraan cuaca yang akurat seperti model prakiraan cuaca terbaik yaitu global ECMWF dan GFS, AROME dan ICON (for Europe) dan NAM (for USA). Aplikasi windi dilengkapi dengan 40 peta cuaca yang bisa mengindeks angin, hujan dan gelombang. Pengguna bisa mengaksesnya melalui aplikasi browser atau download langsung di Google Play Store.

5. AccuWeather

Selanjutnya ada aplikasi AccuWeather yang bisa digunakan untuk memperkirakan cuaca. Anda bisa mengaktifkan notifikasi peringatan jika akan terjadi badai di sekitar lokasi dimana Anda sedang berada.

6. Weather Underground

Terakhir ada aplikasi Weather Underground yang bisa memberikan banyak informasi mengenai kondisi cuaca di lingkungan pengguna secara spesifik. Anda bisa download aplikasinya langsung di Google Play Store. Ada beberapa fitur yang harus digunakan secara premium dan berbayar.

Itulah rekomendasi aplikasi radar cuaca yang cukup efektif untuk Anda miliki. Jangan lupa untuk tetap membawa perlengkapan hujan seperti payung dan jas hujan ya!


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Heboh RI Diserang Gelombang Panas, Benarkah?


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading