Omicron Menyebar ke Segala Penjuru Dunia 3-6 Bulan ke Depan

Tech - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
04 December 2021 19:00
Infografis/Varian Covid Omicron Bikin Sedunia Ketakutan, Ini Buktinya!/Aristya rahadian

Jakarta, CNBC Indonesia - Virus varian baru Covid-19 yakni Omicron dikatakan akan menguasai dunia dalam beberapa bulan mendatang. Setidaknya pada 3 atau 6 bulan ke depan.

"Sejujurnya, omicron akan mendominasi dan menguasai seluruh dunia dalam tiga hingga enam bulan," ujar dokter Leong Hoe Nam dari Rumah Sakit Mount Elizabeth Novena, Singapura yang dikutip Sabtu (4/12/2021).

Oleh karena nya vaksin untuk melawan varian baru ini harus dikembangkan dengan cepat. Paling tidak, dalam waktu tiga bulan ke depan vaksin untuk melawan Omicron harus sudah di uji coba.


"Vaksin tersebut perlu diuji selama tiga hingga enam bulan untuk membuktikan bahwa mereka dapat memberikan kekebalan terhadap varian tersebut," kata dia.

Varian Omicron diprediksi bisa seperti delta yang saat ini menyumbang 99% dari infeksi Covid-19 di seluruh dunia. Dimana delta berasal dari negara bagian Maharashtra, India pada Maret 2021 dan mendunia pada Juli.

Sementara itu, CEO Moderna Stephane Bancel menyatakan tidak mudah membuat vaksin. Setidaknya butuh waktu berbulan- bulan untuk mengembang vaksin khusus untuk varian omicron.

Hal yang sama juga disampaikan oleh CEO Pfizer Albert Bourla. Menurutnya, penelitian bisa siap dalam waktu kurang dari 100 hari, atau sedikit lebih dari tiga bulan.

"Ide bagus, tapi jujur, itu tidak praktis (vaksin untuk omicron). Kami tidak akan bisa buru-buru mengeluarkan vaksin tepat waktu dan pada saat vaksin datang, hampir semua orang akan terinfeksi omicron mengingat tingkat penularan dan penularan yang tinggi ini," jelasnya.

Disisi lain, para ahli belum mengetahui dengan persis seberapa menular varian Omicron ini. Namun, dipastikan memiliki transmisi yang lebih tinggi untuk daya tahan tubuh yang rendah.


[Gambas:Video CNBC]

(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading